Atap Bangunan Polindes di Pemulutan Selatan Rusak Berat, Warga Inginkan Perbaikan

  • Whatsapp
banner 468x60

 

Inderalaya,JS

Beredar via WhatsApp, atap bangunan sebuah pos bersalin desa atau Polindes di Desa Maju Jaya, Kecamatan Pemulutan Selatan, Kabupaten Ogan Ilir (OI) rusak berat. Warga menginginkan perbaikan, agar pelayanan kesehatan di polindes optimal.

Video kerusakan pada atap Polindes ini disebarkan seorang warga yang merekam kondisi atap Polindes ini.

“Inilah keadaan Polindes di Desa Maju Jaya, Kecamatan Pemulutan Selatan, Kabupaten Ogan Ilir. Mohon perhatian dari Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Mungkin pembangunan ini adalah salah satu objek vital katakanlah,” ucap pria pada video tersebut, Sabtu (3/7/2021).

“Karena ini melayani warga secara langsung, setiap hari untuk pengobatan. Oleh karena itu warga mengharapkan ini didahulukan karena berkaitan dengan kesehatan dan pelayanan warga apalagi saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.”

“Alangkah baiknya didahulukan dulu objek-objek atau pembangunan seperti untuk pelayanan kesehatan masyarakat, diantaranya Polindes ini.”

“Karena sangat diharapkan, yang jelas bagaimana caranya kalau bisa ini direhab (bedah). Andaipun tidak bisa direhab, mungkin jalan lain agar tempat pengobatan ini, tempat melayani masyarakat setiap hari tentang kesehatan dapat terlayani dengan baik,” ucap pria dalam video tersebut.

“Kalau seperti ini bagaimana mau melayani warga dengan baik, (sedangkan) tempatnya saja sangat memprihatikan. Sebelum ada korban, sebaiknya ditanggulangi pemerintah secara cepat. Demikian,” kata dia.

Pantauan di Desa Maju Jaya, lokasi Polindes berada di pinggir jalan desa.

Tampak dari luar, pintu Polindes dikunci menggunakan gembok dan suasana di sekitarnya lengang.

Bastem, seorang warga Desa Maju Jaya yang kebetulan melintas di depan Polindes mengatakan, kondisi tempat pelayanan masyarakat ini cukup memprihatinkan.

“Padahal bangunannya kokoh, tapi atapnya rusak-rusak. Ya saya harapkan polindes ini segera diperbaiki, agar pelayanan kesehatan disini lebih optimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Bastem pun menunjukkan kondisi di dalam Polindes melalui pintu samping yang rusak.

Tampak di dalam ruangan Polindes sangat berantakan di mana banyak sampah kayu berserakan.

WC Polindes tersebut sangat kotor dan tak terawat.

Sebagian plafon rusak dan kayu penyangga genteng banyak yang patah hingga banyakan pula genteng yang bolong di atas ruangan yang tampak dari pintu samping rusak tersebut.

Sementara ruangan lainnya di dalam tak tampak karena disekat menggunakan papan dan triplek.

Menurut Bastem, adalah bidan bernama Lastri yang bertugas di Polindes tersebut.

Namun pelayanan Polindes di Desa Maju Jaya ini hanya buka empat hari dalam seminggu.

“Senin sampai Kamis masuk. Sementara Jumat, Sabtu, Minggu tidak (masuk). Libur,” ujarnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Ilir merespon kondisi Polindes ini dan akan segera menindaklanjuti untuk perbaikan.

“Terima kasih atas laporannya. Insha Allah akan koordinasi dulu dengan kepala Puskesmas wilayah Pemulutan. Dan kalau memungkinan akan segera diperbaiki sesuai keadaan keuangan daerah,” kata Plt Kepala Dinkes Ogan Ilir, Hendra Kudeta. #prima

0 0 vote
Article Rating
banner 300x250

Related posts

banner 468x60
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments