Pendidikan

Universities Virtual Career Expo 2023: Berkolaborasi Menuju Indonesia Emas 2045

 

Kegiatan tahunan Universities Virtual Career Expo (UVCE) yang ke-13 kembali di gelar pada tahun 2023 ini. Kegiatan berlangsung selama 5 hari yaitu 23 – 27 Oktober 2023, dimana pada tanggal 23 Oktober 2023 dilaksanakan secara luring bertempat di Aula Universitas MDP yang telah dihadiri oleh 453 mahasiswa dan alumni Fresh Graduated dari UNSRI, MDP, UBD dan Universitas Muhammadiyah Palembang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Founder UVCE yaitu Prof Deris Stiawan. Ph.D., IPU (Unsri) didampingi Fahmi Sulaiman, MSi, APA (UMP), Dr. Edi Surya Negara, M.Kom UBD) dan Dedy Hermanto, M.T.I (UMDP)  dan para tamu undangan dari LLDIKTI Wilayah 2 yang diwakili oleh ibu Marce Lay, S.Sos., M.A (Ketua Tim Pembelajaran dan Kemahasiswaan), GM WITEL Sumatera Selatan Bapak Setyawan Nugroho dan HC PERTAMINA SUMBAGSEL bapak Muhammad Alif Rizky, serta ketua HIMPSI Wilayah Sumatera Selatan Ibu Erma Soesilawati, S.Psi., Psikolog.   

Kegiatan ini terdiri dari rangkaian tiga kegiatan besar yang berlangsung secara daring dan luring yaitu Human Resource days, Counseling Days serta Scholarship Days. Human Resource days merupakan kegiatan yang menghadirkan pembicara-pembicara dari perusahaan terkemuka tentang trik dan tips memasuki dunia kerja, Scholarship days berisikan rangkaian informasi tentang beasiswa yang mengundang pembicara dari LPDP dan Australia Awards Scholarship (AAS) beserta Awardee nya yaitu Marieska Verawaty, Ph.,D yang merupakan dosen MIPA UNSRI, sementara itu Counseling days menjadi bagian acara yang tidak terpisahkan  dari pengembangan karir bagi mahasiswa dan alumni fresh graduated yang mengikuti UVCE. Puluhan penasehat karir dan akademik  dari HIMPSI, Alugada Management, Biro Psikologi Brilliant Counsulting,  Optimal, Kamsa Counsulting, Mutiara Azhar Group Consultant, Lembaga Abimantrana, Pusat Layanan Psikikologi Universitas Bina Darma, Prodi Pendidikan Psikologi UNSRI yang berdedikasi dan berkomitmen secara penuh berkontribusi pada pelaksanaan konsultasi karir dan akademik mahasiswa dan alumni fresh graduated. Para konselor tersebut memandu peserta secara private mengenai permasalahan yang mereka hadapi dalam perjalanan karirnya seperti bagaimana cara menghadapi seleksi wawancara, memilih karir yang benar sesuai kompetensi dan passion serta cara beradaptasi dalam lingkungan kerja yang baru dan sebagainya.

Sederetan kegiatan yang dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa dan alumni fresh graduated merancang karir sedini mungkin mendapat tanggapan yang sangat positif dari peserta yang dapat dilihat dari antusiasme peserta yang hadir secara luring dan daring bukan hanya dari wilayah sumatera selatan tetapi juga seluruh wilayah yang ada di Indonesia seperti Lampung, Jambi, Jakarta, Bukit Tinggi. Kalsel, Balik Papan, Jawa barat dan seterusnya dengan jumlah peserta sebanyak 2000 orang dengan tawaran lowongan pekerjaan lebih dari 100  dari 18 perusahaan  selama lima hari tersebut. Seorang peserta bernama wahyuni Hidayat menyatakan bahwa hadirnya beragam industri dan perusahaan yang berpartisipasi dalam acara ini memungkinkan mereka dapat mengeksplorasi dan memahami berbagai aspek praktik dari  pekerjaan yang akan mereka masuki  dan berinteraksi secara profesional di bidang mereka.

Ringkasnya, pelaksanaan UVCE 2023 yang merupakan kolaborasi UNSRI dengan beberapa Universitas Swasta terkemuka di Palembang ini mampu memberikan aura yang positif untuk menyambut Indonesia Emas 2045 demikian yang dinyatakan oleh prof Deris Stiawan. Ph.D yang diaminkan oleh para perwakilan WR 3  dari masing-masing universitas sekaligus Founder kegiatan UVCE ini. UVCE 2023 diharapkan dapat menjadi titik balik penting bagi peserta untuk membantu mereka dalam navigasi dan pemilihan karir yang strategis, “Kami menantikan pelaksanaan acara tahunan UVCE ini di tahun-tahun berikutnya dengan antusias, dan sangat yakin akan manfaat dan dampak yang berkelanjutan dari kegiatan seperti ini” demikian disampaikan oleh Fimansyah salah satu peserta UVCE 2023. Kegiatan ini  yang terselenggara berkat kerjasama antara Pusat Pengembangan Karir dan Karakter Universitas Sriwijaya bekerja sama UNSRI, MDP, UBD dan Universitas Muhammadiyah Palembang UBD,  (ICCN) bersama Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya (IKA-UNSRI). #prima

 

 

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button