Ogan Ilir

Pesona Kain Gebeng dan Aksesoris Perak dalam Perayaan HUT 2 Dekade Ogan Ilir 2024

Inderalaya

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Ketua TP PKK Ogan Ilir Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) melaksanakan rangkaian acara HUT Ke-20 Kabupaten Ogan Ilir yang digelar Minggu (07/01/2024).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Ketua TP PKK Ogan Ilir Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) melaksanakan rangkaian acara HUT Ke-20 Kabupaten Ogan Ilir

Acara dimulai dengan Rapat Paripurna I DPRD Ogan Ilir Tahun Sidang 2024 dalam memperingati HUT ke-20  Ogan Ilir tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Ogan Ilir Bapak Suharto H.S., S.H dan dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Prov. Sumsel Bapak Dr. H. Agus Fatoni, M.Si., Pj Ketua TP PKK Prov. Sumsel Ibu Anggar Pramudiani Widyaningtiyas, S.Sos, M.Si.

Ketua TP PKK Ogan Ilir Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) mendapatkan penghargaan

Pakaian yang dikenakan dalam kegiatan HUT ke-20 adalah kain Tenun Gebeng dengan beragam pernak pernik yang menghiasi pakaian adat.

Sebagai bentuk komitmen dan apresiasi Ketua Dekranasda Kabupaten Ogan Ilir Tikha Alamsjah Panca Wijaya Akbar dan dukungan penuh Bupati Panca Wijaya Akbar serta Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir pada pelestarian Kain Tenun Gebeng, maka melalui Peserta Didik PKW Tenun Tahun 2022 diberikan kesempatan untuk berkarya dan mengembangkan potensi untuk memenuhi kebutuhan Kain Tenun Gebeng sebagai Wastra dalam rangka HUT Kabupaten Ogan Ilir ke-20 pada tahun 2024.

Untuk Kain Tenun Gebeng sendiri menggunakan pewarna alam agar ramah lingkungan dan seluruh kain dimanfaatkan menjadi pakaian, tas, tanjak, tali untuk cempako agar tidak ada sampah tekstil.

Ketua TP PKK Ogan Ilir Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) saat menenun kain gebeng

Bros Kembang Telipuk, Cempako dan Pending yang dipilih untuk HUT Kabupaten Ogan Ilir ke-20 mengiasi pakaian yang dikenakan kepala daerah, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Bros Kembang Telipuk yang ditempah langsung oleh pengerajin perak di Kecamatan Tanjung Batu.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H, Ketua TP PKK Ogan Ilir Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) bersama PJ Gubernur Sumsel DR Agus Fatoni melaksanakan rangkaian acara HUT Ke-20 Kabupaten Ogan Ilir

Bros Kembang Telipuk tersebut merupakan hasil kerajinan peserta Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2023 yang merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Terdiri dari generasi muda berusia 16-25 tahun Binaan Dekranasda Kabupaten Ogan Ilir yang diketuai oleh Ibu Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons).

Cempako merupakan hiasan di kepala yang biasa dipakai pengantin selain mahkota. Hiasan ini berbentuk seperti bunga cempaka yang mempunyai kelopak panjang dan runcing di ujungnya dan dipakai dengan cara ditusuk pada sanggul atau gelungan. Hiasan Cempako yang berupa bunga cempaka ini mempunyai makna agar sang pengantin selalu menjaga keindahan sikap dan perilakunya.

Sedangkan Pending merupakan hiasan yang biasa dipakai pengantin. Pending merupakan ikat pinggang laki-laki dan perempuan berbentuk lempengan. Pending ini mempunyai makna bagi pengantin perempuan dan laki-laki siap untuk menjalani kehidupan. Bahan dasar yang biasa dipakai untuk membuat pending ini adalah kuningan atau tembaga yang bisa disepuh dengan perak atau emas.

Acara dilanjutkan Pemotongan Pita Bersama sekaligus Peresmian Stand Expo serta meninjau langsung stand-stand yang ada dalam rangka Peringatan HUT Kabupaten Ogan Ilir ke-XX (20) Tahun 2024.

Bupati Ogan Ilir  Panca Wijaya Akbar, Wakil Bupati H. Ardani, Forkopimda, Ketua TP PKK OI Tikha Alamsjah Panca Wijaya, Ketua I TP PKK OI  Hj Faizah Ardani, Sekda Mushin, Ibu DWP, Bersama Pj Gubernur Prov Sumsel Bapak Dr. H. Agus Fatoni, M.Si., Pj Ketua TP PKK Prov. Sumsel Ibu Anggar Pramudiani Widyaningtiyas, S.Sos, MSi melanjutkan kegiatan Ground Breaking/Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Vertikal Ogan Ilir di Desa Tanjung Baru Kecamatan Indralaya Utara.

Di akhir kegiatan rombongan melanjutkan meninjau langsung harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Indralaya. Rombongan langsung menjumpai para pedagang yang ada serta memberikan beberapa bantuan bahan pokok.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button