Ogan Ilir

PJ Gubernur Ahmad Fatoni Bersama Bupati Panca Wijaya Akbar Lakukan Ground Breaking Pembangunan Komplek Perkantoran Vertikal

Inderalaya

PJ Gubernur Sumatera Selatan Ahmad Fatoni bersama Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar melakukan ground breaking pembangunan gedung lembaga vertikal dan organisasi maayarakat (Ormas) di Desa Tanjung Baru Kecamatan Indralaya Utara, Minggu (7/1/2024).

Gedung yang dilakukan ground breaking adalah gedung perpustakaan yang menelan dana Rp 9,9 miliar.

  

Selain itu area tersebut nantinya diperuntukkan bagi lembaga-lembaga diantaranya kantor Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA), rumah dinas PN, PLN.

Kemudian kantor KPU, Bawaslu, pajak, termasuk perkantoran untuk organisasi masyarakat juga akan dibangun di sana.

Bupati Panca Wijaya Akbar mengatakan perpustakaan itu nantinya akan memiliki 15 ribu buku berbagai judul.

"Nanti perpustakaan tersebut akan menjadi pusat bagi masyarakat dan pelajar Ogan Ilir untuk meningkatkan pengetahuan terhadap ilmu pengetahuan," kata Panca

PJ Gubernur Ahmad Fatoni mengatakan dirinya yakin kompleks perkantoran lembaga Vertikal akan menjadi pusat ekonomi baru.

Ahmad Fatoni juga berjanji Pemprov Sumsel akan memberi dukungan terhadap pembangunan komplek perkantoran tersebut terutama untuk fasilitas perpustakaan yang baru saja di lakukan ground breaking.

"Saya optimis lokasi ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi Kabupaten Ogan Ilir, soal support Pemprov Sumsel, tentu akan kita support, tergantung apa nanti apa yang dibutuhkan," kata Ahmad Fatoni

Sebelumnya saat meninjau lokassi tersebut beberapa waktu lalu, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengatakan, pembangunan area komplek lembaga vertikal meliputi pelebaran jalan akses, pembukaan jalan di area kantor dan pembangunan jembatan dengan anggaran sebesar Rp 35 miliar.

"Pada HUT ke-20 Ogan Ilir akan dibagikan sebanyak 14 kavling kepada lintas sektor lembaga vertikal. Sekaligus groundbreaking atau peletakan batu pertama gedung perpustakaan daerah," kata Bupati Panca

Dilanjutkannya, area lembaga vertikal dapat diakses melalui dua jalan utama yang terhubung dengan jalan lintas Palembang-Prabumulih di wilayah Kecamatan Indralaya Utara.

Jalan existing di Tanjung Baru dan Tanjung Pering masing-masing memiliki lebar 4 meter, akan diperlebar menjadi 8 meter.

"Kemudian panjang kedua jalan yang dilebarkan tersebut yakni masing-masing 2,4 kilometer. Pelebaran jalan dengan cor beton," terang Panca.

Masuk ke jalan di area lembaga vertikal sepanjang lebih dari 1 kilometer, nantinya akan dibuka jalan dengan dua jalur dan total empat lajur.

Setiap jalur memilik lebar 7 meter, lebar median jalan 4 meter dan akan dibangun juga drainase untuk memperlancar aliran air mengingat lokasi tersebut dekat anak Sungai Kelekar.

Bupati Panca pun meminta agar pengerjaan median jalan tak mengorbankan pohon di area lembaga vertikal tersebut.

Pembangunan jalan berupa penghamparan agregat di area lembaga vertikal akan mengikuti permukaan tanah di wilayah tersebut.

Sedangkan penyelesaian pembangunan jalan berupa pengaspalan akan dilakukan setelah seluruh kantor lembaga vertikal rampung dibangun.

"Untuk sementara ini penghamparan agregat dulu. Karena kalau langsung diaspal, nanti rusak lagi oleh kendaraan berat yang lalu-lalang," jelas Panca.

Selain jalan, di komplek kantor lembaga vertikal akan dibangun semacam pusat area berupa bundaran.

Kemudian akses jembatan dengan bentang panjang 10,6 meter dan lebar jembatan 16,80 meter juga sedang dibangun.

Jembatan yang berdiri di atas anak Sungai Kelekar itu dilengkapi median, pagar dan di kedua sisi jembatan juga ada plaza.

"Untuk pembangunan jembatan sudah dilakukan penggarapan oprit atau timbunan tanah di belakang abutment yang dibuat sepadat mungkin agar menghindari penurunan konstruksi jembatan," kata Panca memaparkan.

Dengan dibangunnya komplek kantor lembaga vertikal nantinya diharapkan dapat semakin memudahkan pelayanan masyarakat.

Selain itu juga menjadi pusat ekonomi baru dan jaringan jalan baru di Indralaya yang selama ini bergantung dengan jalinsum.

"Pemkab Ogan Ilir hanya menyediakan lahan. Untuk pembangunan kantor lembaga vertikal diserahkan ke lembaga masing-masing," kata Panca.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button