Pemerintah

Herman Deru Harapkan Bank Mini Dapat Jadi Sarana Pembinaan Perbankan Bagi Siswa dan Siswi

OKU TIMUR - Gubernur Sumsel H. Herman Deru melaunching kartu pelajar dan Bank Mini di SMK Negeri 1 Desa Mulya Jaya SP 3, Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur, Minggu (11/6).


Dilaunchingnya kartu pelajar dan Bank Mini tersebut merupakan hasil kerjasama SMK Negeri 1 Semendawai Timur dengan Bank Sumsel Babel.

Gubernur Herman Deru mengapresiasi langkah tersebut. Dimana melalui Bank Mini tersebut, siswa dan siswi dapat lebih bijak dalam pengelolaan keuangan.

"Kita sangat mendukung adanya Bank Mini ini. Namun, siswa siswi ini juga harus diberikan pembinaan terkait perbankan ini," kata Herman Deru.

Dengan pembinaan perbankan, lanjutnya, siswa siswi akan lebih pandai mengatur keuangannya.

"Banyak orang yang bisa mencari uang namun tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Bank Mini ini merupakan langkah yang sangat baik untuk membuat siswa siswi lebih bijak dalam pengelolaan keuangan," tuturnya.

Dia menyebut, langkah ini juga menjadi upaya dalam memberikan bekal perbankan kepada generasi muda untuk menyongsong bonur demografi pada dua dekade kedepan tepatnya di tahun 2045.

"Sumsel ini memang terus mengalami kemajuan. Namun masih banyak yang harus kita lakukan karena dalam dua puluh tahun kedepan, generasi muda saat ini yang akan mengelola negara ini," terangnya.

Sebab itu, dia menjelaskan, pembekalan pengetahuan di segala sektor harus dilakukan secara masif sehingga generasi muda semakin siap dalam memanfaatkan bonus demografi tersebut.

"Bonus demografi ini merupakan sesuatu yang menguntungkan, namun akan menjadi malapetaka jika generasi muda ini tidak diberikan bekal yang cukup," bebernya.

Menurutnya, dalam pemberian bekal pengetahuan tersebut, guru merupakan salah satu yang paling berperan dan bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan kepada generasi muda.

Bahkan, di era keterbukaan informasi saat ini, guru harus bisa menyesuaikan sehingga ilmu yang diajarkan bisa menjadi pedoman bagi anak didiknya.

"Tanggung jawab guru semakin besar di tengah keterbukaan informasi saat ini. Dunia sudah tidak ada pagarnya lagi karena semua hal bisa diketahui secara langung. Jadi, guru harus bisa menyesuaikan sehingga upaya untuk membekali generasi muda ini berjalan dengan baik," paparnya.

Senada dengan itu, Wakil Bupati OKU Timur H. M. Adi Nugraha Purna Yudha mengatakan, upaya OKU Timur dalam memajukan masyarakat terus dilakukan.

"Kemajuan masyarakat ini juga karena adanya peran pak Gubernur. Pak Gubernur terus memberikan dukungan untuk kemajuan pendidikan di Sumsel, termasuk OKU Timur," katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Semendawai Timur Sumar Sugianto menjelaskan, dibentuknya Bank Mini tersebut merupakan langkah sekolah untuk menanamkan sifat hidup hemat kepada anak didiknya.

"Kia bekerjasama dengan BSB untuk membuka Bank Mini ini. Mudah-mudahan sikap hidup hemat bisa tumbuh pada siswa dan siswi ini," imbuhnya.

Disisi lain, dia menyebut jika sekolah yang dipimpinnya tersebut sudah berkembang cukup pesat.

"Pekembangan SMK ini sudah sangat pesat. Bahkan siswa juga sudah bisa memodifikasi dan membuat mobil saat praktek. Ini juga tak lepas dari dorongan pak Gubernur," ujarnya.

Dia mengatakan, dorongan yang diberikan Gubernur Herman Deru tentu membawa dampak yang sangat baik.

"Dampaknya bukan hanya dirasakan sekolah, tapi juga masyarakat. Berbagai bantuan terus diberikan, termasuk akses jalan sehingga kami tidak kesulitan lagi. Kami tentu sangat mengucapkan terima kasih," pugkasnya.

Diketahui, launcing kartu pelajar dan Bank Mini tersebut juga bertepatan dengan peringatan HUT SMK Negeri 1 Semendawai Timur ke 10 Tahun, dan Wisuda siswa siswi tahun ajaran 2022-2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani Herman Deru, para pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan Pemkab OKU Timur, serta perangkat SMK Negeri 1 Semendawai Timur.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button