PALI

BAZNAS PALI Dorong Pemerintah Optimalkan Pembentukan UPZ

PALI, JS.com_ Dikomandoi Dr. Kyai Erlin Susri, SSos.I MPdI sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten PALI, para pimpinan BAZNAS PALI mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BAZNAS se-Provinsi Sumatera Selatan, 27-29 November 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Amalia Palembang itu digelar oleh BAZNAS provinsi Sumsel yang dihadiri oleh BAZNAS kabupaten kota yang ada di Sumsel.

Kyai Erlin dalam keterangannya menyampaikan bahwa kendati pihaknya baru dilantik pada tanggal 20 November 2023 yang lalu. Tetapi semangat untuk hadir dan mengikuti kegiatan Rakorda tidak kalah dengan kabupaten kota yang lainnya.

Kegiatan Rakorda bagi pimpinan STIT Mamba'ul Hikam itu merupakan ajang silaturahmi sekaligus juga dalam rangka menyusun rancangan program kerja BAZNAS dk Bumi Serepat Serasan.

Usai mengikuti Rakorda, BAZNAS PALI Lanjut Erlin akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten PALI dan Kantor Kementerian Agama PALI. Untuk mengoptimalkan pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi lainnya yang terkait.

"Tentu kami akan selalu berkoordinasi bersama pemerintah kabupaten PALI dan kementerian Agama kabupaten PALI untuk mengoptimalkan pembentukan UPZ-UPZ di seluruh OPD, UPZ Masjid, UPZ Kecamatan, Desa dan lainnya. Dengan regulasi berupa Instruksi Presiden (Inpres) dan Peraturan Bupati (Perbub) PALI, No. 8 Tahun 2021 tentang Zakat Infaq dan Shodaqoh bagi PNS dan Non PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten PALI," terangnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ia berharap agar terjadi peningkatan kesadaran masyarakat tentang berzakat Infaq dan Shodaqoh melalui BAZNAS kabupaten PALI. "Kami yakin BAZNAS PALI akan mampu menjalankan tujuan dan fungsi BAZNAS untuk Masyarakat kabupaten PALI," tambahnya.

Dalam Rakorda BAZNAS Sumsel tersebut banyak materi penting yang disampaikan oleh Pimpinan BAZNAS pusat, sehingga menjadi tambahan modal bagi para pimpinan BAZNAS PALI untuk menjalankan tugasnya.

"Harapan besar bagi BAZNAS PALI, agar nantinya Pemkab PALI dalam hal ini Bapak Bupati bisa mengeluarkan surat edaran tentang Zakat Infaq dan Shodaqoh melalui BAZNAS PALI bagi para ASN di lingkungan Pemkab PALI sebagai penyegaran kembali akan Perbub Nomor 8 tahun 2021 melalui BAZNAS PALI," kata ketua PCNU Kabupaten PALI itu.

"Kami komisioner BAZNAS ini sifatnya membantu bagi mereka yang wajib zakat untuk mengumpulkan dan menyalurkannya melalui Amil Zakat. Amil zakat itu bagian dari Ulil Amri (petugas yg ditunjuk pemerintah) dalam hal ini adalah BAZNAS," pungkasnya. (Red)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button