PALI

Durian Padang Pariaman Aromanya Bius Warga PALI

 

Tampak Uda Saat memperlihatkan duren jualanya asal Kota Padang Pariaman
Tampak Uda Saat memperlihatkan duren jualanya asal Kota Padang Pariaman

PALI, JS
Buah durian asal Kota Padang Pariaman Sumatra Barat mulai hiasi sudut Kota Pendopo dan menebar aroma, sehingga membius sejumla warga Pendopo yang melintas di kawasan Jalan Merdeka golf di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan.

Dari kejauhan sudah tampak tumpukan buah durian asal Padang tersebut, yang digelar oleh pedagang di pinggir jalan dengan membuka lapak kaki lima seadanya dan memanfaatkan mobil bak terbuka. sehingga memikat warga yang melintas
Salah seorang pedagang buah durian Uda (45) mengatakan, buah durian sengaja Ia datangkan dari Kota Padang Pariaman itu sejak dua hari terakhir di gelarnya, karena di Sumsel buah yang memiliki aromah khas tersebut masih tergolong langkah karena belum memasuki musim khususnya di Kabupaten PALI.

"Sekarang ini kebun buah durian milik masyarakat dan petani di Padang Pariaman sedang musim panen, sengaja kita pasok dari sana, untuk kita jual di Kabupaten PALI. Karena di sini belum musim dan langkah makanya kita sengaja jual di PALI" Ujarnya Uda Rabu (9/9)

Menurutnya, buah durian dijual dengan harga bervariasi tergantung besar kecilnya ukuran, paling murah dijual Rp 20.000 per buah dan paling tinggi ditawarkan Rp 50.000 per buah, untuk buah durian yang mangkal di pinggir jalan Merdeka kawasan Golef Handayani Mulia tersebut.

Sementara salah seorang pembeli, Owen (21) wrga Perigi Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi  mengatakan, dalam kondisi langkah buah durian pada saat ini, Dia membeli buah durian dalam jumlah secukupnya karena selain harganya relatif  mahal durinya bagus bagus dan manis.

Buah durian ini selain untuk dimakan langsung, ada juga yang dibuat berbagai makanan olahan seperti kolak dan juga  diawetkan untuk dijadikan sambal dan penyedap makan masak tumisan, seperti tempoyak.  "Buah durian bisa diolah menjadi bermacam-macam makanan, jika tidak habis dimakan langsung dapat dijadikan kolak sebagai makanan ringan di sore hari bahkan bisa dibuat dodol durian yang dikenal di daerah ini dengan sebutan lempok durian serta bisa juga dibikin tempoyak menjadi paporet wong kito," Pungkas Owen sambil makan duren. (Hab)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button