Palembang

Empat Wartawan Dinyatakan Tak Berkompeten di UKW 32 PWI Sumsel

Ketua PWI Sumsel: Ujian Sesungguhnya Adalah Ditengah Masyarakat
Palembang, JS
Sebanyak 14 wartawan dari 18 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 32 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan dinyatakan berkompeten. 
 
Digelar di Hotel Beston Palembang 20-21 Oktober 2020, UKW PWI Sumsel ini juga terselenggara atas kerjasama dengan dengan SKK Migas Sumbagsel, KKKS Sumsel, Pertamina EP, ConocoPhilips, Pertamina Jambi Merang, Medco Energy, SRMD,Tiara Energy, Tropic Energi , Talisman Energy dan Forum Jurnalis Migas (FJM). 
 
Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengucapkan terima kasih kepada semua elemen yang telah mendukung kegiatan ini. Dan bagi wartawan yang belum lulus untuk tidak berkecil hati. 
 
"Dan ujian ini merupakan titik awal untuk mengukur sebatas mana kompetensi wartawan. Dan ujian sesungguhnya adalah ditengah masyarakat bagaimana nanti kita akan menjadi contoh bagi yang belum UKW," ujarnya pada Kegiatan Penutupan UKW Angkatan 32 di Hotel Beston Palembang, Rabu (21/10/2020). 
 
Tak lupa Firdaus juga berpesan kepada semua peserta UKW untuk tetap menjujung nilai etika profesi wartawan dalam melakukan proses liputan di lapangan. 
 
Apalagi, secara kualitas intelektual peserta UKW sudah diberikan wawasan dan diuji baik intelektual dan etikanya sehingga harus menjadi contoh bagi wartawan yang belum UKW. 
 
Sementara itu dikatakan Ketua PWI Pusat Atal S Depari melalui Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Pusat H Octaf Riyadi mengaku apresiasi terhadap PWI Sumsel dan juga sponsorship telah sukses menggelar UKW.
 
Dalam kesempatan tersebut Octaf menyampaikan agar menjadi wartawan untuk tetap meningkatkan kompetensi dan kemampuannya. 
 
"Selama ini kita merasa hebat, menjadi wartawan merasa hebat, tapi dari kemarin, baru kita tahu seberapa kualitas kita," terangnya. 
 
Selain itu Octaf juga menyampaikan kepada wartawan yang telah berkompeten melalui UKW dan ternyata di lapangan melakukan aksi pemerasan kepada narasumber maka akan ditarik kartu UKW nya sebagai salah satu sangsi dari PWI. 
 
Sementara itu dalam acara penutupan dilakukan secara virtual oleh Senior Manager SKK Migas Sumbagsel Andi Arie Pangeran yang juga turut mengapresiasi langkah PWI Sumsel yang terus berkomitmen menggelar UKW untuk meningkatkan kualitas wartawan yang ada di Sumatera Selatan. 
 
"Selamat kepada yang sudah lulus. Mudah-mudahan sinergi ini terus berlanjut. Dan semoga tahun depan kegiatan ini bisa kota gelar dengan  lebih meriah lagi," pungkasnya. 
 
Jon Heri salah satu dewan penguji dalam kesempatan tersebut secara rinci menyebutkan bahwa dari 18 peserta, terdiri dari 16 peserta UKW muda dan 2 peserta UKW madya dan yang dinyatakan berkompeten sebanyak 14 peserta. 
 
"Total secara nasional berjumlah 12.340 ditambah 14 menjadi 12.354," jelasnya. 
0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button