Banyuasin

PUSKESMAS Mariana menyelenggarakan Vaksin Covid 19 dengan Profesional dan sesuai SOP

Puskesmas Mariana hari ini, Rabu, 07-04-2021 menyelenggarakan proses Vaksin covid 19 untuk kalangan pendidik, tenaga pendidik dan staf dilingkungan Kabupaten Banyuasin. Penyelenggaraan yang dilaksanan dengan tertib dan lancar serta profesional oleh Perawat di lingkungan Puskesmas Mariana disambut dengan antusias oleh peserta vaksin.

Di awali dengan pendaftaran peserta, kemudian pemeriksaan kesehatan awal, meliputi tekanan darah, riwayat penyakit dan pemeriksaan golongan darah.

Kemudian dilanjutkan dengan proses skrining dengan berbagai pertanyaan yang lebih mendalam tentang riwayat penyakit dan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan calon vaksinator. Setelah mendapat persetujuan, dilanjutkan dengan proses vaksinasi yang dalam kesempatan itu dilaksanakan oleh Zr. Musleha.

Namun apabila terdapat hal-hal yang kurang mendukung, seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, sedang hamil atau mengalami trauma medis, disarankan untuk dilakukan pengobatan terlebih dahulu dan suntikan vaksin ditunda sampai ada surat keterangan sehat dari dokter yang memeriksa.
Setelah suntik vaksin, peserta dianjurkan istirahat selama tiga puluh menit untuk observasi, setelah 30 menit peserta kembali di interview mengenai efek dari suntikan. Jika tidak terdapat tanda-tanda atau efek samping, peserta diperblehkan pulang dan wajib kembali lagi 30 hari kedepan untuk melaksanakan vaksin ke 2.

Pelaksanaan vaksin dimulai pukul 08.00 WIB s.d. selesai dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan anjuran pemerintah. Dari tenaga medis, tenaga pengajar dan akan dilanjutkan untuk masyarakat umum, demikian penjelasan Zr. Dwi. Dihimbau kepada masyarakat untuk mengikuti proses vaksin ini dengan tertib dan tidak perlu takut. Karena selain aman juga dilaksanakan secara gratis.

aa/Mariana

4.3 4 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button