Pendidikan

Dorong SDM Perhotelan Berkualitas, Universitas Binadarma Gelar Webinar Pentingnya Investasi Humas Kapital

 

Palembang,JS
Pesatnya perkembangan era modern membuat Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan saat ini harus mampu bersaing dalam meningkatkan kompetensinya.
Pasalnya, dengan kompetensi dan profesionalismenya akan mampu mendorong percepatan promosi jabatan seseorang di manajemen perhotelan. Selain itu, akan berdampak pada kemajuan perhotelan tempat mereka bekerja.

Berangkat dari hal tersebut, Program Studi Sarjana Terapan (S1) Pengelolaan Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma (UBD) menggelar webinar dengan tema “Pentingnya Investasi Human Capital bagi Karyawan Hotel” berlangsung secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Live Streaming di Channel Bina Darma TV.
Webinar ini menghadirkan empat narasumber yaitu Aufa Syahrizal, S.P., M.Sc. (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan), Dr. Zulkifli Harahap, M.M.Par., CHE (Direktur Poltekpar Palembang), Dr. Dino Leonardo, S.E., M.M., CBM (GM Marriot International Hotel), dan Wahyu Indro Widodo, S.S.T., M.Par. (Komisaris PT. PP Properti).

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Bina Darma Dr. Sunda Ariana, M.M melalui Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Bina Darma, M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam menghadapi era modern dimana setiap karyawan hotel harus mampu bersaing untuk mempertahankan pekerjaannnya dan mencapai promosi jabatan dengan mengutamakan pelatihan dan keahlian dibuktikan dengan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasioonal Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga Pendidikan formal seolah olah terlupakan oleh karyawan hotel.
Apalagi, masih banyak karyawan hotel yang jenjang pendidikannya Diploma 3 (D3) ataupun berjenjang pendidikan SMA/SMK, Oleh karena itu, untuk membuka wawasan karyawan hotel agar dapat berinvestasi di bidang Pendidikan guna mendapatkan pekerjaan yang di impikan di masa datang.

“Webinar ini sangat perlu dilakukan seiring dengan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dan mempertahankan serta mencapai jabatan tertinggi khususnya di bidang perhotelan. Para narasumber tersebut membagikan bagaimana sebenarnya kondisi persaingan didunia pariwisata khususnya perhotelan,” ujarnya.

Ia berharap para peserta yang merupakan mahasiswa perhotelan, karyawan perhotelan dan umum bisa mendapatkan wawasan pengalaman dan ilmu dari narasumber webinar ini.

Senada dengan itu dikatakan, Ketua Pelaksana webinar yang sekaligus menjadi moderator yaitu Dr. H. Sholahuddin, M.Si mengatakan bahwa peserta dari webinar ini berasal dari berbagai institusi dan berbagai provinsi di Indonesia.

Kegiatan webinar ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa perhotelan dan karyawan hotel untuk pentingnya meningkatkan jenjang pendidikan. Selain itu, juga sebagai media promosi program studi Sarjana Terapan (S1) Pengelolaan Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma dan kegiatan ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

Sementara itu, dalam webinar tersebut
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Aufa Syahrizal, S.P., M.Sc. mengatakan bahwa dengan investasi Humqn Capital yang sesuai dalam bidang Pariwisata diharapkan dapat menciptakan sustainable tourism development dengan terfokus pada Imagine (memiliki Visi atau Mimpi yang jelas), Focus (alokasi sumber daya berdasarkan prioritas), dan Action (visi tanpa Aksi itu fantasi, Aksi tanpa Visi itu sensasi / sesaat dengan mengutamakan : Knowlegde, Skills, dan Attitude.

Kemudian Direktur Poltekpar Palembang
Dr. Zulkifli Harahap, M.M.Par., CHE menambahkan untuk kemajuan industri 4.0 mesti didukung dengan pengembangan SDM yang unggul. Dr. Dino Leonardo, S.E., M.M., CBM (GM Marriot International Hotel) sebagai narasumber ketiga mengatakan bahwa Hospitality and Tourism graduates / students should have a relevant understanding of technology.

Terakhir, Wahyu Indro Widodo, S.S.T., M.Par. yang merupakan Komisaris PT. PP Properti menambahkan pernyataan yang dikutip dari Dave Bookbinder (Senior Director of Pine Hill Group) yaitu The value of a business is a function of how well the financial capital and the intellectual capital are managed by the human capital. You’d better get the human capital part right)

Peserta sangat antusias mengikuti webinar ini dikarenakan materi yang disampaikan oleh para narasumber sangat berbobot sehingga banyak peserta bertanya melalui fitur chat aplikasi Zoom.

Antusias mereka pun diiringin dengan dialog dan berbagai pertanyaan. Sebagaimana disampaikan beberapa peserta. Misalnya KMAy. Kunti Galuh bertanya sejauh manakah inovasi dari Quintiple Helix/ multiple helix tersebut untuk mengembalikan tingkat angka hunian pariwisata di masa pandemi ini?

Kemudian Muhamad Fahri bertanya sejauh mana pihak pemerintah dalam menggalakkan program CHSE dari Kemenparekraf pada saat masa pandemi kepada sektor pariwisata?

Amirudin Syarif bertanya bagaimana engagement international chain hotel dengan Supply chain food industry misalnya, apakah ini jadi peluang atau akan menjadi ancaman bagi local industry? Hal tersebut, mengingat belum mampunya local industry beroperasional dengan efektif dan efisien.

Selain itu ada pertanyaan untuk menghadapi perkembangan zaman (digital distruptin), bagaimana kita dapat menchallange mahasiswa agar bisa survive di industri Pariwisata khususnya wisata bahari.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button