Ogan Ilir

Optimis BBI Disulap Menjadi Ekowisata Edukasi Budidaya Perikanan!

 

Inderalaya

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ogan Ilir, Bustanul Arifin optimis dapat menjadikan Balai Benih Ikan (BBI) sebagai ekowisata edukasi budidaya perikanan.

“Jadi kita inikan bukan hanya sekedar budidaya perikaanan, akan tetapi nantinya kita dapat kembangkan menjadi eko wisata edukasi budidaya perikanan, untuk anak sekolah jingga perguruan tinggi juga,”terangnya ditemui di BBI. Rabu,(06/10)

Selian itu, dirinya juga akan berupaya membuat komoditi ikan sebagai kerajinan pangan yang dapat menunjang Penghasilan Asli Daerah(PAD) nantinya.”Jadi nanti kita akan upayakan dari hulu sapai hilir sesuai arahan bapak Bupati dan kedepan nanti kita akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag),” terangnya

Bahkan dikatakanya dilahan seluas 5,2 hektar tersebut selain sebagai budidaya ikan Konsumsi juga nantinya dapat dimanfaatkan sebagai kolam pemancingan dan budidaya ikan hias.

Saat ini dirinya tengah berupaya memperbaiki infratuktur penunjang dan Sumber Daya Manusia(SDM) agar apa yang menjadi program kerja kedepan dapat optimal dan terrealisasi dengan baik dan matang.
“Untuk saat ini kita sedang berupaya memperbaiki mulai dari SDM nya karana beberapa kasi itu banyak yang kosong, infraturtur, ipentarisasi dan faktor penunjang lainya. Kalau yang belum optimal kita optimalkan kalau yang belum ada kita nanti upayakan, begitupun dengan budidaya perikananya,” paparnya

Terlebih sesuai arahan Bupati Panca dalam budidaya kedepan natinya lebih memprioritaskan budidaya ikan lokal seperti ikan gabus, toman, lele, nila dan lainya.
“Kita sudah mendata jadi produktifitas di OI ini mencapai 56 ribu ekor lebih ikan pertahun dan untuk saat ini baru di angka 27 juta ekor pertahunya artinya dari angaka tersebut masih ada spesh yang harus kita penuhi terkait kebutuhan ikan di masyarakat dan di sungai kita,” terangnaya

Ditambahnya, dengan adanya Spesh tersebut selama ini pasok ikan terpenuhi dengan cara membeli dari daerah atau kota lain, dengan mengoptimalkan BBI tersebut diharapkan dapat memenuhi produktifitas terkhusus di Kabupaten OI sendiri.
“Tidak menutup kemungkinan nanti kita juga akan bekerja sama denga pihak-pihak lain bahkan dengan pihak swasta dalam mengembangkan budidaya perikanan ini dan tentunya sesuai dengan peratauran yang ada,” terang Arifin.

Sebelumnya Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya akabar mengatakan akan kembali mengaktifkan BBI yang selama ini ‘tidur’, dan berharap Kepala Dinas yang beru bisa membenahi seluruh lapisan yang berkaitan dengan Dinas Perikanan.

“Beberapa waktu lalu, sudah dilantik Kepala Dinas Perikanan yang baru, kita tahu salah satu keungulan kita adalah penghasil ikan. Jadi, InsyaAllah nanti dengan kepala Dinas yang baru bisa membantu percepatan peningkatan BBI termasuk infratruktur yang ada di BBI tersebut,” ujar Bupati. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button