Ekonomi - Bisnis

Presiden Jokowi Datang, Tol Palindra di Ogan Ilir Ditutup Sementara Mulai Pukul 06.00 WIB Hingga 18.00 WIB

 

Presiden Joko Widodo bakal datang ke jalan tol Inderalaya-Prabumulih, bagi masyarakat yang ingin melintasi Tol Palembang-Indralaya atau Tol Palindra besok, 26 Oktober 2023, tidak bisa melintas

Pasalnya, Tol Palindra akan ditutup sementara waktu. Penutupan yang dilakukan PT Hutama Karya akan dimulai pukul 06.00 WIB pagi, hingga pukul 18.00 WIB sore.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan, Tjahjo Purnomo mengimbau, pengguna jalan yang ingin melintas dari Gerbang Tol Palembang ke arah Indralaya atau sebaliknya, agar dapat menggunakan jalan nasional (non-tol) sebagai alternatif rute.

"Hutama Karya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul ini," ucap Tjahjo, Rabu, 25 Oktober 2023.

Penutupan juga diberlakukan terhadap Jalan Tol Indralaya-Prabumulih. Dimana, mulai malam tadi sekitar pukul 23.59 WIB, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah ditutup untuk sementara waktu.

Penutupan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih ini akan berlaku hingga Kamis, 26 Oktober 2023 pukul 23.59 WIB. penutupan jalan tol tersebut dilakukan dalam rangka penyempurnaan sistem transaksi di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih.

"Kita akan melakukan perawatan atau maintenance pada mesin peralatan tol sebelum diresmikan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo mengimbau, bagi penggunajalan tol yang ingin melintas ke arah Indralaya menuju Prabumulih dan sebaliknya, diharapkan untuk menghindari akses masuk Gerbang Tol (GT) Indralaya maupun GT Prabumulih pada waktu tersebut.

"Hutama Karya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul nanti," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo menganjurkan, pengguna jalan yang ingin melintas dari GT Palembang ke arah Indralaya agar keluar di GT Pemulutan dan GT KTM Rambutan dengan menggunakan jalan nasional (non-tol) sebagai alternatif rute.

Sebagaimana diketahui, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan peresmian ruas Tol Indralaya-Prabumulih pada Kamis, 26 Oktober 2023 mendatang.

Mengenai rencana kedatangan Jokowi ke ruas Tol Indralaya-Prabumulih ini, sudah dikonfirmasi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Menurut rencana, Jokowi akan meresmikan ruas tol yang merupakan bagian dari proyek Trans Sumatera. Basuki menyebut, bahwa Jokowi sendiri yang akan melakukan peresmian.

"Mungkin hari Kamis nanti, dari Palembang langsung ke Indralaya-Prabumulih," ungkap Basuki, Senin, 23 Oktober 2023.

Pasca diresmikan Jokowi nanti, dengan demikian, Tol Indralaya-Prabumulih secara otomatis akan segera berbayar. Karena, sejak dioperasikan pada 30 Agustus 2023, beroperasi tanpa tarif.

Sebelumnya, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Triono Junoasmono menerangkan, bahwa tarif per kilometer sebesar Rp 1.300.

"Untuk tarif per kilometernya itu sebesar Rp 1.300, ya dihitung saja Tol Indralaya-Prabumulih kan panjangnya 64,5 kilometer," ujarnya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim. Adapun total panjang sekitar 119 kilometer.

Panjang tol ini terbagi menjadi 2 Seksi, dimana untuk Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih, dan Seksi 2 Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54 Kilometer.

Jalan Tol ini melewati wilayah Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi 2 Simpang Susun.

Selain itu tol ini terdapat 1 Gerbang Tol, dan 1 TIP (Rest Area) Tipe A. Dengan adanya tol ini, jarak dari Palembang ke Prabumulih cukup 1 jam saja. #rel

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button