Pemerintah

Gubernur Herman Deru Harapkan Pujasuma Jadi Benteng Peradaban dan Budaya Jawa di Sumsel

 

#Kukuhkan Wali Desa, Wali Kecamatan dan Wali Daerah Pujasuma se- Kab Lahat

Lahat – Dalam rangkaian kunkernya ke Kabupaten Lahat, Sabtu (5/3), Gubernur Sumsel H. Herman Deru melakukan Pengukuhan Wali Desa, Wali Kecamatan dan Wali Daerah Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera se Kabupaten Lahat di Hotel Grand Zuri.

Dalam kesempatan tersebut Herman Deru berpesan banyak pada para wali desa, wali kecamatan dan wali daerah ini agar dapat menjaga citra organisasi yang sudah terjaga sangat baik selama ini.

” Jika bicara komunitas hal nomor satu yang harus kita jaga tentu adalah citra. Sopan, santun, pemberani. Nah dalam organisasi ini peradaban itu turun secara genetik mengalir ke tubuh masing-masing keturunan Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera. Pesan Saya ini harus terus dijaga dan dipertahankan,” ujar Herman Deru.

Selain itu Iapun berharap keberadaan Pujasuma dapat menjadi benteng dalam menjaga peradaban dan Budaya Jawa di wilayah Sumatera.

Benteng ini menurutnya perlu dibentuk agar prilaku yang seharusnya terbawa karena genetik tadi tidak rusak karena pergaulan. Salah satu cara membentengi itu adalah dengan mempertahankan bahasa Jawa yang kerap digunakan sehari-hari serta tetap menjaga budaya sopan, santun.

” Selain peradaban-peradaban tadi, hal lain yang harus dipertahankan lagi adalah cara bertaninya.” jelas Herman Deru.

Menurut Herman Deru meski sekilas pengukuhan ini sederhana namun tanggungjawabnya sangat besar. Untuk itu Ia berharap para wali yang dilantik ini dapat segera menjalankan roda organisasi agar organisasi ini mandiri dalam berbagai bidang termasuk perekonomian.

” Terakhir Saya minta organisasi ini ikut menjaga status Sumsel sebagai daerah yang zero konflik,” terangnya.

Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan jika semua komponen dapat menjaga harmonisasi seperti ini tentu kesejahteraan masyarakat akan lebih cepat terwujud. Apalagi jika Pujasuma ini dapatΒ  bermitra dengan

pemerintah sehingga semakin meringankan tugas pemerintah menuntas program-program yang pro rakyat.

Dengan adanya pengukuhan ini Cik Ujang semakinΒ  berkontribusi meningkatkan kemakmuran kedamaian, adil dan sejahtera.

” Dengan terbentuknya wali-wali desa kabupaten Lahat diharapkan keberadaannya dapat semamin menyatu dengan masyarakat setempatΒ  dengan mengutamakan kekluargaan,” jelasnya.

Di tempat yang sama Wali Daerah Pujasuma Provinsi Sumsel, Kabupaten Lahat, H. Sutopo mengatakan sangat gembira atas kehadiran Gubernur Sumsel.

Sejak menjabat tahun 2018 menurutnya bantuan gubernur sudah sangat dirasakan warga Pujasuma yangΒ  berada di kawasan oinggiran dan jalan eks transmigrasi. MerekapunΒ  berharap Herman Deru dapat melanjutkan targetnya menuntaskan kemajuan di Sumsel.

“Kami komunitas Jawa sudah diajak aktif wujudkan Sumsel maju untuk semua dan kami telah merasakanΒ  betul kemajuan berkat kebijakannya. Apalagi pak Gubernur tak pernah membeda-bedakan suku manapun,” jelasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Wali Daerah Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera Provinsi Sumsel, HM.Bariadi, Bupati Lahat Cik Ujang, Wakil Bupati Lahat Haryanto dan Ketua Wali Daerah Pujasuma Kab Lahat Sutopo.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button