PALI

Warga Aprisiasi Dinas PU TR Gencar Lakukan Tebas Bayang

PALI, Js.com– Guna memberi , pengguna jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), melalui Tim Unit Reaksi Cepat (URC) lakukan tebas bayang di seluruh jalan yang ada di Bumi Serepat Serasan, Senin (07/03/2022).

Paska musim hujan, tentu tebas bayang dilakukan karena rerumputan disepanjang badan jalan sudah mulai tinggi dan membuat lingkungan tidak asri sehingga menutupi badan jalan yang menggau pengendara saat hendak melintas.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten PALI Rristanto ST MT, mengatakan bahwa Dinas PUTR rutin melakukan penebasan rerumputan yang tumbuh lebat di sekitar badan jalan apa lagi di musim penghujan

“Tindakan yang kita ambil yakni tebas bayang, dan mendorong tanah yang menutupi bahu jalan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan saat hendak melintas di setiap rusa jalan,” jelasnya.

Rristanto menambahkan, bahwa kegiatan tebas bayang dilakukan agar warga yang melintas tidak lagi merasa khawatir dan was was saat berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan karena tidak terhalang semak yang menjuntai ke jalan sehingga menggau penglihatan pengendara saat berlawanan arah.

“Tebas bayang ini ya dilakukan untuk kenyamanan masyarakat saat berkendaran. Kalau sudah bersih tentu nyaman saat melintasnya, apa lagi saat berlawanan arah, yang lebih penting lagi bersih dan nyaman, itu buat kita semua pada saat parah pengguna jalan menikmati perjalanannya.” Imbuhnya kembali

Lanjut peria yang terkenal tegas tersebut menambahkan, kalu standar pelaksanaan pembersihan bahu jalan pada tahun 2022 : 1. Pembuatan siring gading menggunakan motor grader
2. Finishing pembersihan rumput menggunakan mesin poyong rumput
3. Akan dilakukan pembersihan rumput kembali pada 4 bulan dan 7 bulan sesudahnya

“Masih ada 2 lokasi yang sudah dilaksanakan pembersihan bahu jalan tapi belum dihitung volumenya
Total panjang jalan baru 13,7 km dan Progress baru 12.” Pungkasnya

semntara itu Puput warga PALI, mengapresiasi sikap cepat tanggap Dinas Pekerjan Umum Tata Ruang yang sudah melakukan tebas bayang dan memperbaiki jalan yang tertimbun tanah. “Alhamdulillah, sudah diperbaiki, kami tidak was was lagi saat menitas, jalan licin dan rumput membuat jalan menyempit.” Kata Puput.

Tidak hanya Pupu kinerja cepat itu pun menuai apresiasi dari warga lainya. Karena rimbun dan licin bahu jalan tertibun tanah, dan ada yang rusaknya akses vital transportasi tersebut, sempat membuat urat nadi perekonomian masyarakat terganggu.

“Jalan sempit pandangan terganggu akibat rimbunya rumput menutupi sebagian bahu jalan apa lagi di tikungan. Sehingga kami jadi terhambat dalam mengangkut hasil kebun, apa lagi di musim penghujan saat ini” tutur Grandong warga Talang Bulang

Mengetahui akan segera diperbaiki, pria yang setiap hari melintasi jalan itu menuju kebunnya pun mengaku sangat senang. Akses jalan yang mulus tentu menjadi dambaan setiap pengendara yang kerap lewat untuk berbagai tujuan.

“Kami menyampaikan terima kasih pada Pemkab PALI, dan Dinas PUTR, harapannya semoga semua ruas jalan di kabupaten kita ini akan mulus seluruhnya. Sehingga roda perekonomian cepat maju.” Harapanya. (Red)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button