Ogan Ilir

Keren, Kecamatan Indralaya Selatan Terus Kembangkan Inovasi Untuk Kemajuan Desa

#Camat Inderalaya Selatan Hj Saadah Sebagai Pelopor

Inderalaya

Berbeda dengan kecamatan lainnya, Kecamatan Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) selalu memiliki terobosan dan  berinovasi untuk kemajuan warga desanya

Inovasi tersebut dilakukan sebagai nilai tambah untuk memajukan Kecamatan Indralaya Selatan. Tentunya hal tersebut bisa dicapai dikarenakan adanya pelopor Camat Inderalaya Selatan Hj Saadah SM

Camat Inderalaya Selatan Hj Saadah didampingi Ketua TP PKK Inderalaya Selatan H Darwin Harja

Camat Inderalaya Selatan Hj Saadah SM didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Inderalaya Selatan H Darwin Harja mengatakan inovasi tersebut terdiri dari :

1.Sirup Marga (Sirup Masyarakat Desa Arisan Gading) adalah inovasi yang dihasilkan oleh warga desa Arisan Gading berupa sirup yang berasal dari jambu air, yg sering mengikuti pameran² di tingkat kabupaten dan pemasarannya sudah sampai ke Batam melalui pre-order.

Sirup

2.BILLAR (Bibit tanaman penghasil dollar) adalah inovasi yang berasal dari masyarakat desa Sukaraja Baru dan Desa Sukaraja Lama yang mayoritas mata pencaharian penduduknya menjadi petani dan penjual bibit tanaman.
Billar menjadi ide baru dari pemanfaatan bibit tanaman yang biasanya langsung dijual tetapi dapat dimanfaatkan untuk disewakan ke hajatan² dan acara² kantor sebagai hiasan dekorasi. Inovasi BILLAR ini menjadi program unggulan Kecamatan Indralaya Selatan dan menjadikan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Indralaya Selatan memenangkan Lomba Inovator Sumsel Tahun 2021 dengan meraih Juara III untuk kategori Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Inovatif yang diselenggarakan oleh Balitbangda Provinsi Sumsel.

3.Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata)
adalah salah satu inovasi Kecamatan Indralaya Selatan yang diinisiasi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Indralaya Selatan H.Darwin Harja bersama lokal hero, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada desa di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Pokdarwis Indralaya Selatan yang melibatkan unsur desa dan tersebar di 14 desa se-Kecamatan Indralaya Selatan.

Camat Indralaya Selatan mengatakan Hj Saadah, SM terhadap inovasi yang telah ada tersebut dapat terus dikembangkan dan menjadi nilai tambah bagi desa-desa di wilayah Kecamatan Indralaya Selatan dalam berkompetensi dg desa diluar wilayah, bahkan dapat dikenal secara nasional.


"Dengan adanya inovasi yang dikelola oleh Pemerintah Kecamatan Indralaya Selatan dengan melibatkan unsur masyarakat desa nantinya dapat membawa pertumbuhan perekonomian di desa, dengan cara melestarikan warisan budaya, dan identitas lokal, serta keindahan alam, yang nanti pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,"jelas Selasa (27/6/2023)

Warga Desa Tebing Gerinting Iwan mengatakan alhamdulillah dibawah pemerintahan Camat Hj Saadah ada perubahan dan kemajuan yang lebih baik. "Keren sekali perubahan yang dilakukan Bu Camat Saadah,"katanya.#prima

5 1 vote
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button