Pendidikan

Arinda Dwi Sandi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Sosial Humaniora Masuk Semifinal Dubas Sumsel

 Arinda Dwi Sandi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Sosial Humaniora Semester 6  berhasil menorehkan prestasi yaitu masuk babak semifinal dalam kompetisi bergengsi Duta Bahasa Sumatera Selatan (Sumsel).

Pemilihan Duta Bahasa Sumsel merupakan salah satu event untuk mencari generasi muda mitra pembinaan kebahasaan dan kesastraan yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa daerah, serta memiliki kemampuan berbahasa asing untuk meningkatkan peran Bahasa Indonesia di tingkat Internasional.

Perlombaan Duta Bahasa Sumsel dimulai dengan seleksi berkas, sebelumnya para peserta mengikuti seleksi administrasi terlebih dahulu. Syaratnya antara lain memiliki prestasi dengan melampirkan beberapa sertifikat prestasi, membuat autobiografi atau riwayat hidup kreatif berbahasa Indonesia. Setelah dinyatakan lulus administrasi, selanjutnya para peserta wajib mengikuti tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan Uji Kemahiran Bahasa Asing (UKBA).

“Peserta yang berhasil melewati tes UKBI dan UKBA sesuai penilaian, maka peserta berhak melaju ke tahap semifinal,” jelas Nofita Anggraini, Ph.D. Ketua pelaksana Pemilihan Duta Bahasa 2023.

Usai dinyatakan lolos ke tahap semifinal, Arinda Dwi Sandi menyampaikan harapannya pada tahap selanjutnya, yakni ingin mewujudkan rancangan program kebahahasaan dan kesastraan.

“Saya berharap ditahap selanjutnya, saya bisa mewujudkan rancangan program kebahahasaan dan kesastraan dengan ilmu dan pengalaman kebahasaan dan kesastraan, yang selama ini sudah saya dapatkan selama belajar di dalam kelas maupun di luar kelas,” ujar Arinda Dwi Sandi.

Pada tahap selanjutnya, yang harus dipersiapkan oleh para peserta adalah kemahiran dalam berbahasa Indonesia dan daerah, khususnya daerah Sumatera selatan. Mendukung penuh Mahasiswanya dalam berprestasi, Dr. Hastari Mayrita, M.Pd. menyampaikan rasa bangganya.

“Selamat kepada mahasiswa peserta Program Bahasa Indonesia yang telah berhasil masuk ke babak semifinal Duta Bahasa Sumsel. Saya selaku Kaprodi bangga dengan pencapaian ini,” ujar Dr. Hastari Mayrita, M.Pd.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Dekan Fakultas Sosial Humaniora Nuzsep Almigo,S.Psi., M.Si., Ph.D. serta Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dr. Hastari Mayrita, M.Pd #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button