Pemerintah

Fauziah Mawardi Inginkan  YJI  Muaraenim Aktif  Edukasi Masyarakat Pentingnya Kesehatan Jantung

 

#Renny Devi Nasrun Umar Ketuai YJI Kabupaten Muara Enim

Muara Enim – KetuaYayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Selatan Hj Fauziah Mawardi Yahya secara resmi melantik Renny Devi Nasrun Umar sebagai Ketua YJI Kabupaten Muara Enim yang juga dirangkaikan dengan  pengukuhkan kepengurusan YJI Kabupaten Muara Enim periode 2022-2027, bertempat di pendopoan kabupaten Muara Enim, Senin (14/3).

Pelantikan dan pengukuhan 61 orang pengurus YJI tersebut ditandai dengan pengucapan janji dan penyerahan bendera pataka oleh Hj Fauziah Mawardi Yahya kepada Renny Devi Nasrun.

Dalam arahannya Hj Fauziah Mawardi Yahya yang juga Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel mengatakan, YJI merupakan lembaga nirlaba yang fokus kepada peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Pemasyarakatan itu lanjut istri Wakil Gubernur Mawardi Yahya, dapat dicapai dengan Panca Usaha Jantung SEHAT. 

“S untuk seimbang gizi. E yaitu enyahkan rokok. H adalah hadapi dan atasi stress. A untuk awasi tekanan darah, dan T yaitu teratur berolahraga,” jelas Fauziah.

Dikatakannya melalui visi “Pelopor Gaya Hidup Sehat” YJI mengemban misi selain memberikan pengetahuan tentang kesadaran masyarakat juga melaksanakan tata kelola organisasi berdasarkan prinsip good governance serta membangun kemitraan dengan para pemangku kepentingan.

Dengan melaksanakan program preventif, promotif, kuratif rehabilitatif YJI bersama pemprov Sumsel mengajak masyarakat luas untuk memberikan pengetahuan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

“Penyakit jantung merupakan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang mematikan nomor satu di dunia dan harus diwaspadai sejak din dengan mengatur pola dan gaya hidup sehat (life style) yang dimulai dari sendiri dan keluarga,” tandasnya.

Lebih lanjut kepada para pengurus yang baru saja dilantik Fauziah menginstruksikan agar segera membuat dan menyusun program kerja serta kegiatan yang selaras dengan visi misi YJI dengan mengharmonisasi misi pemerintah Kabupaten Muara Enim. 

“Bentuklah Klub-Klub Jantung Sehat (KJS),  Klub Jantung Remaja (KJR) yang anggotanya tumbuh dari masyarakat di daerah ini,”  ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Hj Fauziah MY pun menyampaikan partisipasi YJI Cabang Utama Sumsel pada Fornas VI Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) dimana Sumsel sebagai tuan rumah pada Juli 2022 mendatang, YJI sebagai salah satu induk olahraga turut berpartisipasi.

“Rencananya dengan mengirimkan 4 kategori, senam jantung sehat seri V beregu dan senam jantung sehat seri IV perorangan. Kemudian senam hip heart seri II untuk remaja beregu, dan senam hip heart seri I untuk remaja perorangan,”  terangnya.

Sementara Ketua YJI Cabang Muara Enim yang baru saja dilantik, Renny Devi Nasrun Umar mengungkapkan dirinya merasa bangga atas amanah yang diberikan untuk memimpin YJI. 

“Ini adalah amanah yang harus saya dan para pengurus emban dengan baik. Kami akan memberikan kesadaran tentang pentingnya kesehatan jantung bagi masyarakat,: kata istri Pj Bupati Muara Enim itu.

Guna menyukseskan visi YJI sebagai “Pelopor Gaya Hidup Sehat” Renny berharap dukungan semua pihak untuk mewujudkan program kerja YJI.

Senada dengan Renny, Pj Bupati Muara Enim, H  Nasrun Umar mengingatkan agar para pengurus segera berkiprah menjalankan program kerja YJI sehingga selaras dan sinergi dengan pemerintah.

“Jangan sampai berhenti di pelantikan saja, dan organisasi ini bukan sebagai ajang kumpul-kumpul belaka. Namun segera jalankan roda organisasi. Susun program kerja dan kegiatan yang manfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir pada pelantikan tersebut para forkompimda kabupaten Muara Enim, para kepala OPD kabupaten Muara Enim, para ketua organisasi wanita se-Muara Enim, para pengurus YJI cabang utama Sumsel, dan para pengurus YJI cabang Muara Enim. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button