Ogan Ilir

Jangan Plin-plan! Siap-siap Mundur Sebagai Calon Kepala Desa Dipilkades Serentak Denda Rp50Juta

 

Inderalaya

Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades) serentak di Kabupaten Ogan Ilir memasuki tahap Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia dan pengawas Pilkades. Kali ini ada aturan, siap-siap mundur sebagai calon kepala desa dipilkades serentak di denda Rp50Juta, jadi calon kades diharapkan jangan plin-plan!

Pilkades serentak yang dijadwalkan digelar pada bulan oktober nanti akan memberikan sanksi tegas berupa denda bagi bakal calon yang sudah ditetapkan menjadi calon dalam ajang kontestasi pilkades serentak.

Perihal tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ogan Ilir Ahmad Lutfi S.SOs MSi, saat memberikan penjelasan dan pembekalan kepada Puluhan Panitia dan pengawas dalam pelaksanaan Bimtek panitia dan pengawas pilkades serentak di Gedung Aula Kecamatan Kandis, Senin (6/6/2022).

” Kalau sudah ditetapkan calon mengundurkan diri kena denda sampai Rp50juta, selanjutnya didesa yang menyelenggarakan pilkades serentak tersebut hanya ada 2 orang bakal calon (balon) ditetapkan menjadi calon, satu calon kades mengundurkan diri pilkades dinyatakan batal,” katanya.

Lanjut Lutfi menjelaskan ,bimtek dilaksanakan bertujuan untuk membekali Panitia dan Pengawas Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Peraturan Bupati Ogan Ilir Nomor 43 Tahun 2022 Tentang Pemilihan Kepala Desa dan Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2022 tentang Perubahan Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2022 tentang Pemilihan Kepala Desa.

“Dengan digelarnya Bimtek ini diharapkan peserta Panitia Pemilihan dan Pengawas Pemilihan ditingkat Desa bisa memahami Peraturan yang dibuat dan tidak multi tafsir dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Dikatakan Lutfi dengan memahami aturan yang ada Panitia Pilkades bisa melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Desa sesuai jadwal yang telah ditentukan. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button