Pemerintah

Gubernur Herman Deru Dorong Pemanfaatan dan Pengelolaan SDA  Oleh Para Putra Daerah

# Hadiri Wisuda XIV Politeknik Akamigas Palembang

 
Palembang

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak lulusan baru Politeknik Akamigas Palembang untuk memberikan kontribusinya dalam memajukan Sumsel, khususnya dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) seperti Minyak dan Gas (Migas).
 
"Lulusan baru ini harus bangga karena pernah menjadi bagian dari Politeknik Akamigas. Pemikiran dan ide dari lulusan baru ini sangat diharapkan dalam upaya membatu membangun daerah ini di sektor migas," kata Herman Deru ketika menghadiri Wisuda XIV Politeknik Akamigas Palembang di Grand Ballroom Hotel Wyndham, Kamis (1/9).
 
Bahkan, dia berharap, lulusan baru Politeknik Akamigas tersebut dapat terlibat langsung dalam pemanfaatan dan pengelolaan migas di Sumsel.
 
"Kita berharap ilmu yang didapat dari pendidikan ini dapat diterapkan dalam pengelolaan SDA. Karena kita ingin SDA di Sumsel ini dikelola langsung oleh orang-orang yang berasal dari daerah ini,"jelasnya.
 
Kendati begitu, lanjutnya, Sumsel tetap harus membuka diri untuk orang-orang luar.
 
"Dengan banyaknya lulusan pertambangan ini saya yakin kedepan pengelolaan SDA di Sumsel ini bisa dilakukan oleh kita sendiri. Tapi kita juga tidak boleh menutup diri dari orang lain. Saling tukar ilmu pengetahuan tetap harus dilakukan," terangnya.
 
Peningkatan ilmu pengetahuan SDA memang mutlak dilakukan saat ini. Terlebih, dunia sudah berkomitmen jika tahun 2025 akan meniadakan energi fosil.
 
"Tidak mudah mewujudkan komitmen dunia pada tahun 2025 tersebut. Namun, energi baru terbarukan tersebut memang harus dimanfaatkan. Sebab itu, kita wajib berkomitmen untuk mendukung hal itu," katanya.
 
Apalagi, salah satu daerah di Sumsel yakni Pagaralam telah mengawali sebagai kota yang memanfaatkan energi baru terbarukan.
 
Dimana Kota Pagaralam menggunakan energi hijau sebagai sumber energi utama berasal dari 3 pembangkit energi baru terbarukan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Green Lahat dengan kapasitas 9,99 Megawatt, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai dengan kapasitas 55 Megawatt, dan PLTP Rantau Dedap dengan kapasitas 91,2 Megawatt.
 
"Sumsel ini kaya dan memiliki potensi khusunya SDA. Namun potensi itu belum sepenuhnua bisa di eksploitasi karena masih terbatasnya SDM. Mudah-mudahan lulusan baru Politeknik Akamigas ini dapat memanfaatkan ilmu yang telah dipelajarinya. Tidak harus bekerja di perusahaan, alangkah baiknya jika bisa menciptakan lapangan kerja baru yang selaras dengan pendidikan yang dienyamnya," pungkasnya.
 
Diketahui, sedikitnya ada 207 orang yang mahasiswa dan mahasiswi yang diwisuda dari berbagai jurusan. Tidak hanya dalam wisuda tersebut Herman Deru berkesempatan memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi. 
 
Hadir pula dalam kesempatan itu, Direktur Politeknik Akamigas Palembang Hj Amiliza Miarti, Ketua Yayasan Karya Bangsa H Abdul Razak, Dewan Pertimbangan Muchtar Lutfi, dan sejumlah pihak lainnya.#prima
 

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button