Ogan Ilir

Fix, Pilkades Tanjung Sejaro Bakal Dilaksanakan 17 Desember 2022

 

Inderalaya

Fix, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya, dijadwalkan bakal diselenggarakan pada 17 Desember 2022 mendatang.

Hal tersebut didapat dari hasil rapat persiapan Pilkades Serentak Gelombang Kedua, yang berpusat di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Ogan Ilir, Senin ( 3/10/2022)

Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanjung Sejaro Ria Safitri mengatakan, sebelum pelaksanaan pemungutan suara, pihaknya akan membentuk panitia Pilkades pada 5 Oktober 2022 mendatang.

Untuk kriteria panitia Pilkades, Ria memaparkan, berasal dari perangkat desa, tokoh masyarakat Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).

"Tadi sudah ada keputusan bahwa pilkades Tanjung Sejaro Insyaallah akan dilaksanakan pada 17 Desember," katanya

Setelah panitia Pilkades Tanjung Sejaro sudah terbentuk, barulah akan dibuka penjaringan Bakal Calon Kades Tanjung Sejaro yang juga akan dilakukan pada bulan ini juga.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir H Muhsin Abdullah berpesan, kepada panitia Pilkades Tanjung Sejaro supaya bertindak netral saat bertugas.

"Ya kami sudah membentuk panitia pilkades tingkat Kabupaten, kepada panitia pilkades laksanakan nantinya pilkades secara baik dan netral. Dan kepada warga hendaknya dapat menyukseskan pelaksanaan pilkades di desanya," harapnya.

Saat disinggung apakah pelaksanaan pilkades tersebut tidak menyalahi aturan, menurut Muhsin bahwa hal tersebut sudah sesuai aturan yang berlaku. Menurutnya dalam satu periode (6tahun) bisa dilaksanakan 3kali pilkades. Bahkan menurutnya kedepan denda mundurnya calon kades akan diperberat dengan maksud agar orang yang maju sebagai calon tidaklah main-main dalam artian bersungguh-sungguh dengan segala konsekuensinya dalam pencalonan tersebut. "Karena inikan pilkades, memilih calon kades di suatu desa jadi tidak main-mainlah,"ujarnya

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Pilkades Tanjung Sejaro gelombang pertamaĀ  dibatalkan lantaran adanya salah satu dari dua calon yang mengundurkan diri, kemudian dibuka kembali pilkades gelombang kedua.#prima

5 1 vote
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button