Ogan Ilir

Ogan Ilir Raih Peringkat Tiga Nasional Capaian Program Satu Rekening Satu Pelajar

Inderalaya

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir tengah menggencarkan program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR). 

Puluhan ribu pelajar ditargetkan memiliki rekening sebagai upaya membiasakan diri untuk menabung. 


Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi  melalui Wakil Bupati H. Ardani mengatakan, Pemkab menggandeng sejumlah bank untuk memberikan buku tabungan kepada puluha ribun pelajar di Ogan Ilir. 

Ardani menyebut program yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) itu bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan bagi para pelajar agar menabung.

"Program ini nantinya seperti menabung biasa. Siswa bisa menyisihkan uang jajan mereka untuk nantinya masuk ke rekening tabungan," kata Ardani, Rabu (12/10/2022). 

Secara teknis, para pelajar nantinya akan diberikan buku tabungan masing-masing dan menyetorkan sejumlah uang ke bank terkait atau kolektif kepada wali kelasnya. 

Penyetoran itu bisa dilakukan secara berkala dan rutin per pekan atau bulan, di mana semua siswa wajib mempunyai tabungan di kelas masing-masing.

Nantinya, seminggu atau sebulan sekali bank terkait langsung mencatatkan pada rekening masing-masing. 

"Jadi, semua orang tidak merasa menabung di bank, mereka menabung di kelas tapi aksesnya ada di rekening bank masing-masing," jelas Ardani. 

Ardani melanjutkan, pemberian rekening dilakukan secara bertahap dan hari ini ada 250 siswa dan 50 guru yang diberi rekening. 

Kabar baiknya, Ogan Ilir meraih peringkat ketiga pada capaian program KEJAR tingkat nasional.

"Ini tentu akan terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan dengan terus menyosialisasikan program ini degan mengajak ke sekolah-sekolah, SD, MD, SMP, MTs, agar anak-anak kita terbiasa menabung," kata Ardani.

"Kami akan tingkatka koordinasi dengan lembaga perbankan yang ada di daerah. Lembaga tersebut juga siap memberikan dukungan terhadap program tersebut,"ujar Ardani.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button