Ogan Ilir

Bupati Panca Mawardi Resmi Buka Pagelaran Seni Budaya Ogan Ilir di TMII Jakarta Guna Pikat Investor

 

Inderalaya

Menyambut KTT G20 dan Indonesia Culture Festival tahun ini, Pemkab Ogan Ilir memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan seni budaya kearifan lokal asal Bumi Caram Seguguk. Bahkan secara resmi Bupati Panca Wijaya Akbar Mawardi resmi membuka Pagelaran Seni Budaya Ogan Ilir di TMII Jakarta Guna Pikat Investor

Berbagai kesenian dan hasil kerajinan dari Ogan Ilir, dipamerkan di Anjungan Sumatera Selatan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Kita terus memperkenalkan potensi budaya dan kearifan lokal Ogan Ilir agar semakin dikenal di kancah nasional," kata Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Minggu (30/10/2022).

Pergelaran seni budaya dan pariwisata ini melibatkan 65 orang yang berasal dari Dewan Kesenian Kabupaten Ogan Ilir

Ada juga UMKM di bawah binaan Disperindagkop Kabupaten Ogan Ilir, seperti tenun songket, kain gebeng, purun, aksesoris perak, peralatan dapur terbuat dari seng.

Untuk UMKM produk makanan ada kue bluder, gunjing, semprong, kembang goyang, kue linting, kemplang hingga kopi gula aren yang diproduksi oleh keluarga besar Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Mawardi Yahya.

Pengunjung juga dihibur oleh kesenian tradisional Ogan Ilir seperti tari mepak raje, tari ngandon dan tari keris.

Kemudian lagu-lagu tradisional seperti 'Beras Pegagan', 'Ogan Ilir Cindo', 'Melati Karangan', 'Ngitung Sukat', 'Pindang Pegagan', 'Cik Minah Gadis Ogan Ilir'.

"Kita juga ada pertunjukan syarofal anam, teater dan silat," kata Bupati Panca.

Dengan pertunjukan seni budaya dan pameran produk UMKM ini, diharapkan dapat terus menumbuhkan geliat ekonomi di Ogan Ilir.

"Diharapkan investor semakin tertarik berinvestasi di Ogan Ilir dengan segala kearifan lokal yang kita miliki," jelas Panca.

Pergelaran seni budaya dan pameran pariwisata Ogan Ilir di TMII rencananya akan kembali dilaksanakan tahun depan dengan lebih meriah.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal mengapresiasi inisiatif Pemkab Ogan Ilir menggelar acara ini.

"Ogan Ilir merupakan bagian dari Sumatera Selatan yang terus mengenalkan kearifan lokal, seni budaya. Kita ingin semakin dikenal di kancah nasional bahkan internasional dan Insya Allah kita siap," kata Aufa.

Kadisdik Ogan Ilir H Sayadi didampingi Kabid Rita mengatakan kegiatan sengaja diselenggarakan agar makin seni budaya kearifan lokal asal Bumi Caram Seguguk. "Bahkan sesuai petunjuk Bupati Panca akan diselenggarakan lebih spektakuler kedepan,"jelasnya.

Kadiskominfo Ferdian Ruza Yudha melalui Kabid Kominfo Dian Septa menambahkan seni budaya sangat wajib dilestarikan untuk warisan masa depan anak cucu nanti. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button