Pendidikan

50 Pendaftaran Hak Cipta Sukses Tingkatkan HKI Universitas Bina Darma

Program Peningkatan 50 Hak Cipta di Universitas Bina Darma diinisiasi oleh Dr. Edi Surya Negara, M.Kom, Wakil Rektor Universitas Bina Darma Bidang Riset, Inovasi, dan Teknologi melalui HKI Centre Universitas Bina Darma.

“Program ini berhasil meningkatkan Hak Cipta di Universitas Bina Darma yang awalnya terdata hanya 11 Hak Cipta pada Februari 2022, dan saat ini meningkat jadi 120 Hak Cipta pada September 2023,” ujar Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom, Manajer Inovasi dan Kekayaan Intelektual sekaligus Pengelola HKI Centre Universitas Bina Darma.

Dalam proses menuju Unggul 2025, Universitas Bina Darma setidaknya membutuhkan lebih dari 200 Hak Cipta agar memenuhi poin Penilaian dalam Akreditasi Unggul di tahun 2025.

“Sertifikat Hak Cipta ini juga sangat berguna untuk Dosen Universitas Bina Darma dalam peningkatan poin penilaian Tri Darma Perguruan Tinggi bagian Penelitian, serta tentunya juga meningkatkan penilaian Akreditasi Program Studi di Universitas Bina Darma,” jelasnya

Lanjutnya, Sertifikat Hak Cipta yang diterbitkan telah melalui proses verifikasi untuk membuktikan originalitas ciptaan tersebut, yang mana hal ini diproses secara keseluruhan pada unit HKI Centre dengan memvalidasi berkas-berkas kebutuhan HKI.

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terdiri dari Hak Cipta, Desain Industri, Hak Merek, Hak Paten Sederhana, Hak Paten, Indikasi Geografis, Rahasia Dagang, dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu.

“Selain berupaya mencapai lebih dari 200 Hak Cipta, HKI Centre Universitas Bina Darma juga berupaya untuk mengajukan ciptaan pada Desain Industri, Hak Merek, dan Hak Paten Sederhana untuk Universitas Bina Darma,” ucapnya.

Program Peningkatan 50 Hak Cipta Universitas Bina Darma juga tidak luput dari bantuan kerja sama tim yaitu Rasmila, M.Kom., Ferdi Aditya, M.Kom., dan Toni Triatmojo, S.Kom

“Hak Cipta merupakan salah satu dari Hak Kekayaan Intelektual (HKI), yang mana terdapat 14 jenis Hak Cipta yang telah dihasilkan oleh Universitas Bina Darma melalui HKI Centre,” ujar Rasmila, M.Kom, Wakil Ketua Program Peningkatan 50 Hak Cipta Universitas Bina Darma.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button