PalembangPendidikan

Universitas Bina Darma Bentuk Grup Riset Intelligent Systems dan Application Development

 

PALEMBANG

Guna membantu meningkatkan kemampuan riset dosen dan mahasiswa, Universitas Bina Darma membentuk grup Riset Intelligent Systems dan Application Development UBD.

Grup Riset Intelligent Systems dan Application Development adalah Grup Riset yang berada di PUSLIT Inovasi TIK, Smart Systems, dan Data Science. Anggota tim riset terdiri para mahasiswa dan dosen yang memiliki minat riset terkait Intelligent Systems Dan Application Development di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains Teknologi (FST) UBD.

Ketua Tim Riset Intelligent Sytems Dr. Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom menjelaskan, Grup Riset ini nantinya akan membantu mahasiswa dalam mengambil riset apa yang akan dibuat dalam tugas akhir Mahasiswa nantinya.

Menurut Dr Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom bahwa grup riset ini telah terbentuk sejak tahun 2022 lalu di lingkungan Program Studi Sistem Informasi serta dikoordinir oleh PUSLIT Inovasi TIK, Smart Systems dan Data Science.

Sebagai perguruan tinggi, UBD membentuk Grup riset atas inisiatif Program studi Sistem Informasi melalui Ketua Tim Riset Intelligent Sytems ibu Dr. Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom. dan Ketua Tim Riset Application Development Bapak Suyanto, M.Kom., serta Assoc. Prof. Leon A. Abdillah, S.Kom., M.M., MTA, CDM selaku Koordinator Inovasi TIK, Smart Systems, & Data Science. Pembentukannya di-sahkan melalui ST Dekan Fakultas Sains Teknologi (FST) Dr.Tata Sutabri, S.Kom., MMSI., MKM.

Tentu saja didukung penuh oleh Warek Bidang Akademik M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D yang sekaligus membuka acara workshop.

ā€œTujuannya untuk mengembangkan proyek-proyek riset Intelligent Systems dan Application Development di lingkungan Program Studi Sistem Informasi,ā€ ujarnya.

Sementara, Warek Bidang akademik mengatakan, ā€œKegiatan workshop ini penting dilaksanakan untuk mengupgrade LPS dan materi perkuliahan, sekaligus mengembangkan kualitas penelitian,ā€ ujar M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D

Ditambahkan pula, Ketua tim Riset system cerdas Dr.Yesi Novaria kunang mengatakan ā€ Workshop ini memberikan gambaran real yang ditemui saat ini di dunia kerja tentang kebutuhan aplikasi modular yang dibutuhkan pada masa sekarang,ā€œ ujarnya.

Sementara itu, Koordinator PUSLIT Inovasi TIK, Smart Systems, & Data Science menambahkan kegiatan ini perlu terus didukung digalakkan tidak hanya di lingkungan Prodi SI saja tetapi juga prodi-prodi lainnya ada di research atmosphere di Universitas Bina Darma terus terjaga sekaligus siap menyongsong UBD Unggul.

Bagi mahasiswa atau pun dosen Grup ini sangat bermanfaat. Apa manfaat dari grup Riset Intelligent Systems dan Application Development?

Dikatakannya, Riset Intelligent Systems dan Application Development sangat penting tidak saja bagi dunia riset dan pendidikan tetapi juga bisa dijadikan altenatif penyelesaian di masyarat.

Peserta yang mengikuti workshop berjumlah 30 pesesrta yang terdiri dari 26 Dosen dan 4 mahasiswa.

Dalam grup riset, mahasiswa dan dosen nantinya Proyek yang bisa dikembangkan dapat bermacam-macam berupa aplikasi baik berbasis web maupun mobile.

Dalam kesempatan Workshop Konsep Pengembangan Aplikasi Modular (Framework Laravel, Rest API, Framework Flutter) diselenggarakan Program Studi Sistem Informasi dan Grup Riset Intelligent Systems diketuai oleh Dr.Yesi Novaria Kunang, S.T., M.Kom.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Warek Bidang Akademik M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D dan dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Universitas Bina Darma (UBD), Dr. Yesi Novaria Kunang dan Koordinator Pusat Penelitian (PUSLIT) Inovasi TIK, Smart Systems, dan Data Science Assoc. Prof. Leon A. Abdillah, S.Kom., M.M., MTA, CDM, dan Ketua Program Studi Sistem Informsai Ibu Nita Rosa Dmaayanti, M.Kom., Ph.D.

Kegiatan workshop tersebut diikuti oleh para Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi terutama grup riset Intelligent Systems dan Application Development (AppDev).

Adapun sebagai Trainer workshop adalah alumni dari Program Studi Sistem Informasi , Mahmud, S.Kom., sebagai Software Developer OXY Creative Jakarta. Tujuan Workshop ini adalah dapat menjembatani kebutuhan dunia kerja dengan akademisi.

Kegiatan Workshop ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 13 ā€“ 14 Maret 2023. Kegiatan dilaksanan di Smartclass UBD yang berlokasi di Smartclass Kampus Bochari Rachman 1 UBD. #prima/rel

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button