Banyuasin

Bupati Banyuasin Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Banyuasin Tahun 2023

 

Banyuasin,JS

Pemerintah Kabupaten Banyuasin melaksanakan agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banyuasin Tahun 2023 yang diselenggarakan di Graha Sedulang Setudung, Selasa (15/3).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Banyuasin H.Askolani serta hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin Iran Setiawan, Sekda Banyuasin Dr. HM Senen Har, dan unsur Forkopimda, serta jajaran Pemerintah Kecamatan di seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin.

Bupati Banyuasin H Askolani mengungkapkan bahwa Musrenbang tahun 2023 ini adalah tahun terakhir Kepemimpinannya bersama Wakil Bupati H.Slamet Somosentono SH dalam rangka membangun dan melayani masyarakat di Kabupaten Banyuasin.

”Musrenbang ini kita sinergikan dengan semua pihak dan semua elemen masyarakat Banyuasin untuk menyelesaikan RPJMD tahun 2018-2023, dan tentunya akan kita fokuskan serta kita kerjakan dengan baik dengan pola kerja keras, ikhlas, dan kerja cerdas,” katanya.

Untuk mencapai semua itu, lanjutnya, kita harus lakukan komunikasi, koordinasi, dan harmonisasi dengan semua pihak, termasuk dengan Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Pusat.

”Mudah-mudahan dengan hasil kinerja kita ini membuahkan hasil, seperti yang disampaikan oleh Bappeda bahwa Banyuasin mendapat penghargaan pembagunan daerah terbaik nomor 2 di Sumatera Selatan, dengan angka pengangguran turun, angka kemiskinan turun, dan alhamdulillah angka perekonomian kita juga meningkat,” ujar Askolani.

Keberhasilan turunkan angka tersebut yaitu melalui program prioritas Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera seperti Program Infrastruktur Bagus, Banyuasin Cerdas, Banyuasin Sehat, Petani Bangkit, Banyuasin Prima, dan Banyuasin Religius.

Kemudian juga 12 program yaitu Gerakan Siswa membaca dan menulis (Simanis), Beragam Edukasi Gerakan Masyarakat Sadar Hidup Sehat (Begesah), program Gerakan Tanam Sayur (Gertas), Gerakan Pengembangan Tanaman Obat, Rempah dan Umbi (Gerbang Tobaru).

Gerakan Memelihara Ternak Unggas (Gemar Tugas), Gerakan Pengembangan Perikanan Rakyat (Gerbang Perak) dan Kebun Buah (Pulawan Bueh), Gerakan Pembangunan Keluarga Berencana (Gerbang Keren), Gerakan Gotong Royong (Gorong), Gerakan Menuntut Amal (Gema) dan Program Optimalisasi Rumah Masyarakat (Pro Rakyat).

Sementara, Ketua DPRD Banyuasin, Irian Setiawan SH MSi mengungkapkan, bahwa untuk ke depan di tahun 2023 Pemkab Banyuasin banyak memerlukan anggaran dimana di tahun 2023 memasuki tahun politik tahapan pemilu. Oleh karena itu ada pembagian tugas untuk pengelolaan anggaran.

”Anggaran tersebut ada yang dibantu oleh pusat dan dari Kabupaten Banyuasin juga harus mempersiapkan itu. Untuk itu kita akan mengadakan rapat bersama eksekutif maupun legislatif untuk mempersiapkan ini,” ujarnya Irian.

Kepala Bappeda Litbang Banyuasin Kosarudin mengatakan angka pengangguran dan kemiskinan turun karena setiap OPD “keroyokan”. ” Saling kerjasama, “ucapnya.

Kemudian setiap masukan dari OPD, kecamatan dan lain sebagainya, akan diserap untuk pelaksanaan pembangunan berikut.”Sehingga dapat mewujudkan Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera,”pungkasnya.

Musrenbang ini diakhiri dengan penyerahan Penghargaan Perencanaan dan pencapaian Pembangunan Daerah Tingkat Kabupaten Banyuasin Tahun 2023.

I. Kategori Dinas/Badan:

1. Peringkat I Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin
2. Peringkat II Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin
3. Peringkat III Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin

II. Kategori Kecamatan :
1. Peringkat I Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin
2. Peringkat II Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin
3. Peringkat III Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin

III. Penghargaan OPD Inovatif Tahun 2022
1. Dinas Kependudukan dan Pencatattan Sipil ( Prestasi Tingkat Naisonal)

IV. Penghargaan Kecamatan Inovatif Tahun 2022
1. Kecamatan Sebawa Kabupaten Banyuasin (Prestasi Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button