Ogan Ilir

Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2023, Bupati Panca Mawardi : IKM Selaras Program Pemkab OI

Inderalaya

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 di KPT Tanjung Senai, Indralaya.

Pada upacara ini, Panca menekankan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

Oleh karenanya, Pemkab Ogan Ilir akan melaksanakan pelatihan IKM pada ratusan guru SD dan SMP di Ogan Ilir.

"Terkait program Merdeka Belajar di Ogan Ilir belum diterapkan secara keseluruhan. Sehingga kami berupaya untuk meningkatkan kompetensi guru," kata Panca usai upacara, Selasa (2/5/2023).

Secara bertahap, guru yang sudah mendapatkan sosialisasi program Merdeka Belajar dari IKM, akan menyosialisasikan kepada seluruh guru yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Bak gayung bersambut, IKM yang dicetuskan Kemendikbudristekdikti ini selaras dengan program Pemkab Ogan Ilir.

Melalui Disdikbud, Pemkab Ogan Ilir mengarahkan peserta didik tak sekadar menerima materi pelajaran di dalam kelas, namun perlu praktik di lapangan.

"Program Merdeka belajar sudah selaras dengan program Pemkab Ogan Ilir," kata Panca menegaskan.

Dalam waktu dekat, Pemkab Ogan Ilir akan menyediakan satu unit bus belajar yang rencananya akan diluncurkan pada Juni atau Juli mendatang.

Bus khusus tersebut sebagai alat transportasi para peserta didik di Ogan Ilir untuk belajar di luar kelas dan praktik di lapangan.

"Terutama peserta didik di desa belum banyak yang melihat secara luas peluang kerja yang ada di luar sana. Ke depan, diarahkan bisa belajar langsung seperti ke pabrik, melihat transportasi umum seperti LRT, kunjungan instansi dan lembaga pemerintahan," kata Panca.#ari

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button