Pendidikan

Badan Pusat Statistik dan UBD Jalin Internalisasi Pojok Statistik

PALEMBANG

Badan Pusat Statistik dan Universitas Bina Darma Jalin Internalisasi Pojok Statistik. Diharapkan Melalui Pojok Statistik diharapkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan Perguruan Tinggi meningkat.

Kegiatan kerjasama itu berlangsung di Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan (Ruang Vicon) Palembang, Rabu 2 Agustus 2023 pukul 08.00 wib sampai selesai.

Acara dihadiri oleh Kepala BPS Prov Sumsel Moh Wahyu Yulianto, Kepala BPS Kota Palembang Yudhistira Arya Noegraha, Kepala Puslit DRPM Universitas Bina Darma Dr. Muji Gunarto, S.Si, M.Si serta Plt Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama : Dr. Yanti Pasmawati, S.T, M.T.

Hadir juga Agen Statistik Universitas Bina Darma sebanyak dua orang. Perwakilan penanggungjawab Pojok Statistik BPS : Rika Yurista, Nadia Qothrunnada, M. Irfan Zulfahmi, Budi Supriadi, Yunita Nurmasari.

Kepala BPS Prov Sumsel Moh Wahyu Yulianto menjelaskan, Kerjasama ini terjalin mengingat semakin tingginya kebutuhan dunia pendidikan akan statistik, serta mendorong BPS, Forum Statistik (Forstat) dan Ikatan Statistisi Indonesia (ISI) untuk menjalin kerjasama. MoU ini menjadi payung hukum baru bagi kegiatan Pojok Statistik selanjutnya.

Dengan kerjasama dapat memperkuat kolaborasi antara BPS dan Perguruan Tinggi serta penguatan penyelenggaraan Pojok Statistik di Perguruan tinggi.

Dikatakannya, Pojok Statistik adalah program kolaborasi antara BPS dan perguruan tinggi sebagai salah satu bentuk pembinaan statistik dalam meningkatkan literasi statistik di lingkungan akademisi sekaligus media layanan serta promosi statistik di lingkungan Perguruan Tinggi

Agen Statistik adalah mahasiswa yang ditunjuk oleh perguruan tinggi dan dibina oleh BPS untuk menjadi duta promosi dan sosialisasi statsitik di lingkungan kampus masing-masing.

Mengenai tujuan dilaksanakannya kegiatan untuk meningkatkan kualitas Agen Statistik dan memberikan gambaran program kerja Pojok Statistik. Dilakukan paparan oleh tim BPS terkait Literasi Pojok Statistik selection pengertian, tugas-tugas dan paparan oleh tim Agen Statistik UNSRI yang Pojok Statistik-nya sudah aktif.

Dalam acara itu disampaikan paparan dari Agen Statistik UNSRI berisi program kerja program kerja yang selama ini sudah terlaksana.

Adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilakukan knowledge sharing sehingga seluruh pihak (Bina Darma, Unsri, BPS) bisa saling mengembangkan Pojok Statistik menuju arah yang lebih baik

Harapan dari BPS kepada pihak perguruan tinggi khususnya diharapkan Universitas Bina Darma punya gambaran dan referensi terkait penyelenggaraan Pojok Statistik di masa yang akan datang.

Juga terjalin Kerjasama yang semakin baik antara BPS dan Universitas Bina Darma. “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut, semoga kedepannya terjalin kerjasama yang baik antara Universitas Bina Darma dan BPS Sumsel dan Palembang,” ujarnya.

Sementara, Plt Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama : Dr. Yanti Pasmawati, S.T, MT menyatakan sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Semoga kedepannya terjalin kerjasama yang baik antara Universitas Bina Darma dan BPS Sumsel dan Palembang. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button