Kota PrabumulihOgan Ilir

Kabar Gembira Bagi Pengguna Jalan Tol Indralaya Prabumulih Bisa Dilewati Tanpa Tarif!

 

Inderalaya

Kabar gembira bagi pengguna Jalan tol Inderalaya - Prabumulih pasalnya dipastikan mulai 30 Agustus 2023  beroperasi tanpa tarif, alias gratis. Kabar ini disampaikan langsung Branch Manager ruas tol Palembang - Indralaya - Prabumulih PT Hutama Karya (Persero) Syamsul Rijal, saat dilakukan workshop edukasi keselamatan berkendara di jalan tol. Berlokasi di rest area Indralaya - Prabumulih KM 56, Selasa (29/8).

 

Ruas tol Palembang - Indralaya (Palindra) berjarak 22 km. Sedangkan, ruas Tol Indralaya - Prabumulih (Indra-Prabu) memiliki jarak 64,5 km yang dibangun sejak 2019. Beroperasinya jalan tol Indra-Prabu diperkirakan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari Palembang menuju Prabumulih. Sementara, jika menggunakan jalan arteri akan menghabiskan waktu mencapai 2 jam.

Samahalnya dengan tol Palindra, tol Indra-Prabu juga menggunakan sistem transaksi tertutup. Pengendara akan melakukan pembayaran saat berada di gardu gerbang tol tempat ingin keluar.

Tol Indra-Prabu juga dilengkapi dengan fasilitas 2 rest area type A KM 56 jalur A dan B seluas 12 hektar. Dilengkapi 2 simpang susun Indralaya dan Pramumulih, serta penerangan jalan umum (PJU). Serta pujasera, plaza, toilet, spbu dan masjid 2 lantai.

Syamsul menyebut, tol Palindra dan Indra-Prabu memiliki perbedaan saat dilintasi pada malam hari. "Perbedaannya pada malam hari. Karena izin tol di Palindra berbeda dengan di Indra-Prabu. Keberadaan tol Palindra di dalam kota mengharuskannya untuk terang benderang di malam hari. Sedangkan untuk tol Indraprabu yang terletak di luar kota, hanya pada tempat khusus di simpang susun saja atau pada putaran tertentu yang di terangi lampu jalan," jelasnya.

Lanjut Syamsul, total ada 182 personel yang disiapkan dalamb memantau pengoperasian tol Indra Prabu. "Kami sudah menyiapkan 27 kendaraan operasional, ada mobil patroli, PJR, ambulan, mobil derek 10 ton, 25 ton dan lainnya. Kami menyiagakan 157 personel untuk jasa pelayanan, 14 personel PJR dengan 5 unit kendaraan dan 12 personel paramedis,"jelasnya

Selain itu, kini pengendara juga dapat memantau cctv langsung kondisi arus lalu lintas di seluruh jalan tol yang dikelola HK melalui HK tol Apps. Selain itu juga dapat mengecek saldo, menambah atau topup saldo. 

Kadishub Sumsel H Ari Narsa JS mengatakan keselamatan berkendara adalah segalanya sesuai dengan peraturan yang sudah ada, tinggal menjalankannya secara konsisten.  "Alhamdulillah saat ini sudah ada jalan tol indra-prabu yang besok akan segera dibuka, dan masyarakat bisa menikmatinya secara gratis,"ujarnya

Director of Training and Campaign Indonesia Road Safety Partnership Eko Reksodipuro mengharapkan dengan disiplin berlalu lintas dapat semakin mengurangi jumlah korban jiwa kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan-kendaraan yang secara kecepatan tidak memenuhi syarat masuk ke jalan tol.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button