Pendidikan

Mahasiswa UBD Ikutin Program Pertukaran Pelajar ke Universiti Selangor (UNISEL) Malaysia

Program program pertukaran internasional mobilitas mahasiswa Indonesia ke luar negeri ini diinisiasi dan dikelola oleh Kemendikbudristek, dan menjadi salah satu program unggulan dari delapan Program Kampus Merdeka.

Tujuannya untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada perguruan tinggi di luar negeri.

Kali ini, acara pelepasan mahasiswa Universitas Bina Darma dalam kegiatan International Mobility Students ada 11 Mahasiswa UBD menjalani pertukaran pelajar ke Universiti Selangor (UNISEL) Malaysia selama 1 bulan.

Dijelaskan, Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) adalah program unggulan Kampus Merdeka yang terselenggara melalui kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan.

Adapun dosen yang mendampingi, Nita Rosa Damayanti., M.Kom., Ph.D. Ketua Program Studi Sistem Informasi. Serta 11 orang mahasiswa dari 7 program studi (prodi) yang ikut kegiatan yakni,ย  Yarah Shinta (Prodi Akuntansi), Bela Herliza (Prodi Akuntansi), Putri Stevani A (Prodi Ilmu Komunikasi),ย  Rizka Nadiyah Rahmah Safhirah (Prodi Ilmu Komunikasi).

Juga Tarisa Febrina Maharani (Prodi Ilmu Komunikasi),ย  R.A. Amareta Rezka (Prodi Teknik Industri), Adek Tri Hartati (Prodi Psikologi), Siska Permata Sari (Prodi Manajemen),ย  Zhofiroh Khoirunnisa (Prodi Teknik Informatika), M. Achmad Dimas Aldian Alfurqon (Prodi Sistem Informasi),ย  dan sep Nurohim (Prodi Sistem Informasi).

Kegiatan berlangsung mulai 5 September โ€“ 1 Oktober 2023 (sit in) dan 9-21 Oktober 2023 (luring), serta 23-27 Oktober 2023 (test dan penilaian). Kemudian Sit In 1 bulan di UNISEL dilanjut daring 1 bulan di UBD, total 2 bulan.

UNISEL mengadakan 17TH Convocation Festival pada 9 September 2023: Tari Ya Saman dan Teater Dul Muluk. mahasiswa pertukaran pelajar UBD mendapat undangan untuk ikut kegiatan tersebut.

Tersedia 3 jenis program, short program, credit transfer, dual/join/double degree. 11 mahasiswa tersebut masuk ke program dengan 2 bulan akan medapatkan kredit 12 sks dari 4 mata kuliah. Sit In 1 bulan di UNISEL dilanjut daring 1 bulan di UBD, total 2 bulan.

Adapun manfaat mahasiswa UBD megikuti international mobility students yakni akan mendapatkan pengalaman, tidak hanya dari pengalaman akademik tapi juga pengalaman non akademik. Dimana melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat belajar secara langsung di universitas luar negeri. Serta dapat memperkaya budaya dengan memperkuat pengalaman lintas budaya, toleransi dan persahabatan antar negara.

Sementara tanggapan Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T. selaku Direktur Urusan Internasional, Karir, Alumni dan Kerjasama terhadap program ini Khususnya bagi para mahasiswa yang melakukan pertukaran pelajar ke isel?

International Mobility Students pastinya memberikan dampak positif bagi mahasiswa kita, dimana dapat membuka manifest tidak hanya bergelut di lokal atau nasional tapi mereka dapat merasakan atmosfer akademik di luar negeri, sehingga dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas, memajukan budaya Indonesia khususnya Provinsi Sumsel, dan tentunya generasi muda semakin maju.

Tidak hanya itu, harapan UBD juga dapat membuka jalan bagi mahasiswa untuk datang dan belajar secara langsung di UNISEL Malaysia terkait ilmu atau skill yang mungkin belum mereka dapatkan selama menempuh kuliah di UBD. Program ini juga sejalan dengan program pemerintah, terkait MBKM Internasional. Selain itu juga untuk mendukung program UBD Unggul 2025.

Adapun syarat bagi mahasiswa yang mau ikut tentunya terbuka untuk seluruh mahasiswa UBD, namun ada beberapa persyaratan yang harus mereka penuhi.

Syaratnya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 mulai dari mahasiswa semester 5 serta memiliki motivasi tinggi untuk belajar.

Diketahui UBD sendiri sudah menjalin kerjasama sejak tahun 2008 UBD dan UNISEL Malaysia sudah menjalin kerjasama dengan baik.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button