Ekonomi - Bisnis

Deteksi Dini dan Ketepatan Lifestyle Tingkatkan Kualitas Hidup, Prodia Palembang Gelar Seminar Nasional Dokter

Palembang - Mewujudkan visi sebagai Centre of Excellence, PT Prodia Widyahusada Tbk bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) menyelenggarakan seminar dokter pada 50 kota di Indonesia. Seminar nasional ini bertujuan sebagai sarana pembaruan informasi dalam industri kesehatan dan merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan 50 tahun Prodia.

Mengusung tema “Wellness Management with Lifestyle Genomics Approach”, Prodia berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, serta pelaku industri kesehatan dengan selalu menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk mencapai tujuan kesehatan setiap individu. Di tahun 2023 ini, Prodia juga berharap untuk dapat terus mengiringi para mitra dan dokter untuk dapat melangkah lebih jauh dalam meningkatkan dan mengembangkan mutu layanan kesehatan dan pengobatan.

Bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia cabang Palembang, Kota Palembang menjadi kota ke-30 diadakannya seminar nasional Prodia tahun ini. Berlokasi di Harper Hotel by Aston Palembang, kegiatan ini berlangsung tanggal 2 September 2023 dengan format Seminar Offline yang diikuti oleh Dokter Umum, Dokter Spesialis, dan Dokter Patologi Klinik, serta didukung oleh Roche, Illumina, Sysmex, emp, PT. Inti Makmur Meditama, Authorised Channel Partner, PT. Saba Indomedika, Summit, Entrasol, Alfamart, JM Group, Moorlife, PT. Melia Sehat Sejahtera, Galeri 24 Pegadaian, Osbond Gym, Bening’s Clinic, Nyenyes, Amanda, ASM Video booth360, dan Radio El Jhon, Bank Mandiri.

Dengan tema “Wellness Management with Lifestyle Genomics Approach ”, Semianar ini memberikan informasi terkini mengenai faktor resiko dan pencegahan penyakit tidak menular, aging proses, pergeseran pola diet secara global, pengaruh variasi genetik terhadap individu, dan keterkaitan gen dan nutrisi.

Sebagai narasumber dr. Monika Anastasia, Kurniawan, M. Gz, SpGK akan membahas mengenai Personalized Nutrition as Disease Prevention Tools and Healthy Lifestyle Modification, dr. Andika Raspati, SpKO yang akan membahas mengenai Optimizing Sports Performance Through Genomics Approaches dan Siska Damyanti, S.Si, M. Farm, Product Specialist dari Prodia akan memaparkan mengenai Genomics Testing Approaches.

Dalam Seminar ini, dr. Monika Anastasia, Kurniawan, M. Gz, SpGK mengatakan “Peningkatan kasus penyakit degeneratif, faktor-faktor resiko yang mengikuti setiap periode kehidupan diperlukan strategi intervensi nutrisi sejak awal. Adapun kemajuan dalam genetik dan genomik nutrisi dapat menjadi pilihan dalam pelayanan kesehatan masa depan sebagai bagian terapi presisi (personalized nutrition) bagian dalam pencegahan dan penatalaksanaan penyakit”

Dr Andika Raspati, Sp.KO mengatakan bahwa “salah satu Probability dari Exercise dipengaruhi oleh kondisi tubuh, antar individu memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda terkait performa sistem obat-tulang-sendi yang meliputi jenis serabut ototnya. Selain itu metabolisme Energi seperti kemampuan clereance Asam Laktat, respon anti-oksidan, dan respon sistem jantung-Paru terhadap latihan. Melalui Prodia Nutrigenomics dapat mengetahui olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai gen masing” individu.”

Siska Damayanti juga turut memaparkan “Prodia memiliki pemeriksaan Nutrigenomics yang dapat membantu eklusi kondisi VTE (venous thromboembolism), DVT (deep vein thrombosis), dan PE (Emboli paru) terutama jika digunakan bersama dengan low dan moderate PTP maka akan memiliki negative predictive value 99%. Pada D-Dimer sendiri terdapat faktor preanalitik, analitik, dan post analitik yang perlu diperhatikan dan dapat mempengaruhi hasil.”

Melalui seminar ini, diharapkan dokter yang hadir dapat memahami faktor resiko dan pencegahan penyakit tidak menular, aging proses, pergeseran pola diet secara global, pengaruh variasi genetik terhadap individu, dan keterkaitan gen dan nutrisi, peserta mampu memahami dan menerapkan penggunaan pemeriksaan Nutrigenomics sebagai Personal Lifestyle Guidance untuk melakukan perubahan Lifestyle berdasarkan profil genomics, peserta memahami tentang manfaat olahraga dalam menurunkan NCD, jenis-jenis olahraga, pengaruh pemilihan olahraga dan nutrisi yang tepat sesuai dengan profil genomic, peserta mengetahui dan memahami pemeriksaan genomics yang tersedia di Prodia, peserta dapat mengaplikasikan genomics sebagai upaya preventif atau perubahan lifestyle yang personal.

Seminar ini berjalan dengan sukses dan interaktif, serta menjadi media diskusi dan berbagi pengalaman bagi para dokter. Selain seminar hari ini, Prodia juga akan memfasilitasi seminar di kota-kota lain dengan topik tematik kesehatan lainnya untuk membuka ruang pengembangan bagi para dokter. (ril)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button