Ogan Ilir

Perkenalkan Siswa Terhadap Teknologi, Siswa SMPN 3 Rantau Panjang Ogan Ilir Kunjungi Graha Teknologi

 

Inderalaya

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ogan Ilir, terus melanjutkan program field trip untuk pelajar di Bumi Caram Seguguk sejak di launching Bupati Ogan Ilir, beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Disdikbud Kabupaten Ogan Ilir, Sayadi, program field trip ini bertujuan untuk memperkenalkan pelajar di Kabupaten Ogan Ilir terhadap dunia luar. Terutama, bagi pelajar yang berada di pelosok Kabupaten Ogan Ilir.

"Kali ini yang mendapatkan kesempatan mengadakan field trip yakni siswa siswi SMPN 3 Rantau Panjang," ujarnya, Jumat, 29 September 2023.

Adapun yang menjadi tujuan field trip siswa siswi SMPN 3 Rantau Panjang kali ini adalah Graha Teknologi Sriwijaya yang terletak di kawasan Jakabaring, serta moda transportasi Lintas Rel Terpadu atau LRT Palembang.

"Di Graha Teknologi anak-anak bisa memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Ya mungkin di sekolah mereka sudah dapat materinya, nah di Graha Teknologi mereka bisa memperdalam kembali," paparnya.

Ditambahkan Sayadi, dipilihnya Graha Teknologi Sriwijaya sebagai salah satu tempat tujuan field trip, lantaran di tempat ini terdapat banyak alat peraga sains yang edukatif dan interaktif, sehingga dengan mudah dipahami siswa.

Sekadar informasi, Graha Teknologi Sriwijaya diresmikan tahun 2004 terdiri dari bangunan tiga lantai, di mana terdapat 134 alat peraga seperti harpa tanpa dawai, alat konsentrasi, bola tangan dan lainnya.

"Jika selama ini anak hanya belajar di kelas, maka dengan kunjungan ke Graha Teknologi Sriwijaya bisa melihat galeri alat peraga, melihat matahari dengan teropong. Jadi benar-benar belajar secara menyenangkan," jelasnya.

Tak hanya Graha Teknologi Sriwijaya, siswa siswi SMPN 3 Rantau Panjang juga mencoba menaiki LRT Palembang. Disini, siswa siswi SMPN 3 Rantau Panjang dikenalkan mengenai transportasi massal yang ada di Palembang dan diajak menyusuri Kota Palembang tanpa macet.

"Kami juga mengedukasi anak bahwa alat transportasi umum lebih baik untuk mengurai kemacetan. Nah, mereka ditanamkan sejak dini untuk mengutamakan naik kendaraan umum," tutup Sayadi.

Program field trip yang diinisiasi oleh Disdikbud Kabupaten Ogan Ilir ini, tampaknya disambut antusias oleh sejumlah siswa dan siswi SMPN 3 Rantau Panjang.

Betapa tidak, melalui field trip ini mereka bisa mengenal lebih dekat mengenai teknologi yang ada di perkotaan. Terlebih lagi, anak-anak ini berasal dari pelosok Ogan Ilir.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button