Pendidikan

Assoc. Prof Leon Abdillah Dosen UBD Jadi Pembicara pada International Symposium of Knowledge and Technology di INTI International University Malaysia

Dosen Universitas Bina Darma, Assoc. Prof. Leon A. Abdillah, diundnag menjadi Invited Speaker of International Symposium on Knowledge and Technology di INTI International University Malaysia, Nilai di Negeri Sembilan, Malaysia Senin 18 Oktober 2023.

Menurut Head of Research Cluster of Knowledge & Technology FDSIT INTI IU, Assoc. Prof. Ts. Dr. Rajermani Thinakaran, mengungkapkan tujuan International Symposium di INTI International University (INTI IU) untuk mempromosikan kolaborasi dan pertukaran antar akademisi dan berkontribusi pada kemajuan penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

– Invited Speaker : Assoc. Prof. Leon A. Abdillah (Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains Teknologi UBD dan Koordinator PUSLIT Inovasi TIK, Smart Systems, & Data Science, Unviersitas Bina Darma)

Sementara bertindak sebagai Organizer Head of Research Cluster of Knowledge & Technology, Assoc. Prof. Ts. Dr. Rajermani Thinakaran dengan moderator Assoc. Prof. Dr. Deshinta Arrova Dewi (Head of Research Cluster of Artificial Intelligence & IoT INTI International University Malaysia).

Adapun hadir Peserta International Symposium tersebut dihadiri oleh Dosen, Staf, Mahasiswa tidak hanya dari Universitas Bina Darma tetapi juga dari INTI International Malaysia, bahkan ada yang dari Irak, yaitu: Tarik Ahmed Rashid, PhD, Professor / Acting Dean of SSE at the University of Kurdistan Hewlêr (UKH), Iraq; dan Jawdat Mustafa Tashan, PhD, PEng, Director of Civil Engineering Programme at the University of Kurdistan Hewlêr (UKH), Iraq.

Ketua Program Studi Sistem Informasi, Nita Rosa Damayanti, Ph.D., mengaku sangat bangga Dosen Program Studi Sistem Informasi mendapatkan rekognisi international sebagai invited speaker pada Symposium di tingkat internasional, karena hal ini akan berdampak positif untuk kemajuan Program Studi Sistem Informasi yang sudah Terakreditasi A dan siap untuk lanjut ke akreditasi international.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sains Teknologi UBD, Dr. Tata Sutabri, mengungkapan rasa bangganya karena Dosen di lingkungan FST berkiprah di level Internasional secara nyata yang menunjukkan capaian Fakultas FST di tingkat internasional.

Terpisah tanggapan Rektor UNDERSTAND Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M, dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan level capaian dan kegiatan Universitas Bina Darma yang siap Go International. “Kami berharap semakin banyak capaian secara international baik oleh Dosen maupun Mahasiswa Universitas Bina Darma sehingga UBD dapat terus maju ke level regional maupun global “, ujar Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. selaku Rektor UBD.

Demikian pula tanggapan Pihak INTI International University Malaysia mengatakan, simposium ini dibawakan oleh Research Cluster Knowledge and Technology, salah satu Researwch Cluster di Fakultas Data Science and Information Technology (FDSIT), INTI IU Nilai Malaysia.

Acara ini merupakan platform bagi para peneliti dan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, inisiatif baru, hasil baru dan diskusi.

Kali ini Prof. Leon dari Bina Darma berbagi wawasannya tentang ilmu pengetahuan dan Teknologi dalam konteks IR4.0 hingga IR 5.0. Ceramahnya menyadarkan bahwa mengembangkan keterampilan teknologi sejak dini, meskipun kita tidak bekerja di bidang teknologi, menjadi hal yang penting. Karena saat ini setiap industri membutuhkan teknologi untuk bertahan hidup dan banyak dari mereka yang tumbuh secara eksponensial. Mengetahui keterampilan teknologi dapat membantu lulusan memecahkan masalah, mengurangi biaya, dan mengamankan karir di masa depan.

“Kami berharap kerjasama dan kolaborasi dapat terus berlangsung pada masa depan,” ujarnya.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button