Ogan Ilir

DLHP Ogan Ilir Bakal Luncurkan Program Sedekah Sampah Plastik

 

Inderalaya

Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Kabupaten Ogan Ilir membuat terobosan melalui program sedekah sampah plastik.

Program ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan agar bebas dari sampah plastik.

Plt Kepala DLHP Ogan Ilir, Mira Diani mengatakan, secepatnya program ini diluncurkan.

"Insya Allah mulai Senin (29/4/2024) mendatang," kata Mira kepada wartawan di Indralaya, Jumat (26/4/2024).

Nantinya DLHP Ogan Ilir akan menempatkan tiga unit kerangkeng untuk menampung sampah plastik.

Kerangkeng besi selebar 1 meter dan tinggi 2,5 meter itu akan ditempatkan masing-masing di komplek lama Pemkab Ogan Ilir, Tanjung Senai dan SMPN 1 Indralaya.

Kerangkeng sampah ini merupakan bantuan CSR dari PT Bass Oil dan PT Sinergi Gula Nusantara.

Nantinya baik masyarakat umum, pelajar maupun pegawai Pemkab Ogan Ilir dapat membuang sampah plastik di tempat yang disediakan.

"Sampah-sampah plastik silakan dibuang ke kerangkeng tersebut. Setelah kerangkeng penuh, maka sampah akan dipindahkan ke bank sampah di Payakabung (Indralaya Utara)," jelas Mira.

Selain ke bank sampah, DLHP Ogan Ilir berinisiatif agar sampah plastik yang terkumpul dapat dimanfaatkan oleh para pemulung barang bekas.

"Jadi selain peduli lingkungan, program ini dapat membantu suadara kita yang bekerja mengumpulkan sampah plastik," papar Mira.

Ke depannya, DLHP Ogan Ilir menargetkan lewat program sedekah sampah plastik ini dapat menjadikan barang bekas menjadi bernilai guna.

Mira pun mengajak masyarakat untuk dapat mendukung program ini, hanya dengan cara membuang sampah plastik di tempat yang disediakan.

"Ke depannya Pemkab Ogan Ilir ingin pengelolaan sampah di daerah kita lebih baik lagi karena dampaknya untuk lingkungan," kata Mira.#prima

5 1 vote
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button