Ogan IlirPendidikan

Terapkan Nilai Adiwiyata, Mahasiswa UNSRI jalankan Program PMM

 

Tanjung Batu

Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka ( PMM) BATCH 4 Inboundi Universitas Sriwijaya ( Unsri ) telah melaksanakan kegiatan Kontribusi Sosial yang signifikan di SDN 02 Tanjung batu.

Program ini bertemakan “Meningkatkan Cinta Lingkungan melalui kegiatan menanam : Implementasi Nilai – nilai Adiwiyata di SDN 02 Tanjung Batu” Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan Cinta Lingkungan untuk memberikan banyak manfaat dan perubahan kepada siswa siswi SDN 02 Tanjung Batu.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi antara peserta PMM dan siswa-siswi kelas 6,5 dan 4. Selama kegiatan berlangsung, para mahasiswa bersama siswa-siswi SDN 02 Tanjung Batu melakukan berbagai aktivitas yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih hijau dan bersih.

Beberapa aktivitas utama yang dilakukan meliputi penanaman pohon dan tanaman hias di sekitar halaman sekolah, pembuatan taman sekolah sebagai sarana dan prasarana belajar siswa-siswi tentang pentingnya menjaga lingkungan, serta pemberian edukasi mengenai pentingnya daur ulang dan pengelolaan sampah.

Program ini juga melibatkan kegiatan penyuluhan yang disampaikan oleh mahasiswa PMM, yang memberikan pemahaman mendalam kepada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan sejak dini. Para siswa diajak untuk mengenal lebih dekat berbagai jenis tanaman, cara menanam yang benar, serta manfaat dari setiap tanaman yang ditanam.

Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai lomba yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kompetisi positif di antara siswa dan kerjasama tim, seperti lomba estafet karet, lomba memasukkan paku kedalam botol dan lomba Dragon War. Melalui lomba-lomba ini, siswa tidak hanya diajak untuk berpartisipasi aktif, tetapi juga untuk melatih kerjasama tim dan mempertahankan yang seharusnya dipertahankan dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah mereka.

Reaksi positif dari pihak sekolah dan siswa-siswi SDN 02 Tanjung Batu terlihat jelas. Mereka sangat antusias dan berterima kasih atas kontribusi yang diberikan oleh peserta PMM Unsri.

Kepala Sekolah SDN 02 Tanjung Batu mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk mendukung program Adiwiyata yang bertujuan menciptakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Melalui program ini, diharapkan nilai-nilai Adiwiyata dapat terimplementasi dengan baik di SDN 02 Tanjung Batu dan mampu menumbuhkan kesadaran serta cinta lingkungan kepada siswa-siswi sejak usia dini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk melakukan hal serupa, guna mewujudkan lingkungan yang lebih hijau, bersih, dan sehat.Jika bukan kita yang merawat bumi ini agar tetap hijau, asri dan sejuk, Siapa lagi?.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Check Also
Close
Back to top button