Ekonomi - Bisnis

Coach Priska Sahanaya Mengadakan Workshop Public Speaking Bersama AGATIS di SD Perguruan Cikini

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya dan Siswa-Siswi SD Perguruan Cikini. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Pentingnya Belajar Public Speaking Sejak Dini

Kemampuan public speaking seringkali menjadi kemampuan yang dianggap sepele pada proses pengembangan diri anak. Kadang ditemui anak-anak yang pemalu dibiarkan tidak bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Padahal masa-masa perkembangan anak justru sangat penting untuk dibantu dengan diberikan dorongan dan dibantu dengan stimulasi-stimulasi kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Terutama perlu diperhatikan bahwa kemampuan public speaking merupakan kemampuan komunikasi yang memiliki seninya tersendiri. 

Salah satu potret kegiatan interaktif salah satu siswi yang maju ke depan kelas untuk mempraktikkan public speaking. Dok. Pribadi.

Sebagai Praktisi Public Speaking, Coach Priska Sahanaya menyelenggarakan program workshop public speaking di 1000 sekolah di Jakarta dari tingkatan pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. Coach Priska Sahanaya mengadakan program ini sebagai kontribusinya yang ingin ikut serta mencerdaskan anak bangsa dengan melatih kemahiran dalam berkomunikasi yang baik. Pada 31 Mei 2024, Coach Priska Sahanaya bersama Agatis berkesempatan untuk menjalankan program ini dengan membawakan tema “4 Teknik Presentasi” di SD Perguruan Cikini yang mendapatkan sambutan hangat dari para siswa-siswi beserta para guru.

Belajar Public Speaking Sambil Berkreasi Bersama Agatis

Coach Priska Sahanaya berfoto bersama siswa-siswi yang memenangkan lomba mewarnai yang disponsori oleh Agatis. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Dalam mengajarkan public speaking pada anak-anak sekolah dasar, Coach Priska Sahanaya menggunakan metode belajar sambil bermain sehingga materi-materi yang dijelaskan dapat langsung dipraktikkan oleh siswa. Permainan diadakan dengan memberikan poin setiap kali siswa ikut serta dalam kegiatan tanya jawab dan berani untuk maju ke depan. Siswa dengan poin terbanyak akan dihadiahkan medali penghargaan dari Coach Priska Sahanaya. Para siswa-siswi terlihat sangat antusias dengan hadiah medali yang dijanjikan Coach Priska Sahanaya sehingga mereka berlomba-lomba menunjukkan partisipasinya.

Coach Priska Sahanaya bersama siswa dengan poin tertinggi selama sesi workshop. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Guru-guru SD Perguruan Cikini terkesan dengan aktifnya partisipasi para siswa-siswi ketika acara berlangsung. Para guru merasa metode pengajaran Coach Priska Sahanaya yang mengarahkan dan mencontohkan teknik-teknik presentasi dapat dengan mudah dipahami dan dipraktikkan oleh para siswa-siswi. Para guru SD Perguruan Cikini berharap acara workshop public speaking ini dapat terus diselenggarakan di banyak sekolah lainnya karena menarik dan juga inspiratif.

Para siswa fokus dalam mengikuti lomba mewarnai bersama Agatis. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Acara workshop juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba mewarnai yang disponsori oleh Agatis, perlengkapan sekolah favorit anak yang selalu menunjang kreativitas anak-anak. Pada kesempatan tersebut, siswa-siswi diajak untuk berkreasi dalam menunjukkan imajinasi dan bakat seni yang siswa-siswi miliki dengan menggunakan pensil warna Agatis.

Testimoni Siswa

Para siswa-siswi meminta karya mereka untuk ditanda tangani oleh Coach Priska Sahanaya. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Pembawaan Coach Priska Sahanaya dalam mengajar mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi para siswa-siswi. Salah satunya Raka, siswa kelas 5, menceritakan pendapatnya mengenai acara, “Saya suka acara ini karena bisa mengajarkan kita untuk ber-public speaking. Acaranya juga rame. Saya bisa belajar sama-sama. Menurut saya, pelajarannya mudah dipahami dan langsung bisa dipraktikkan. Menurut saya, Kak Priska Sahanaya itu baik dan ceria,” ucap Raka.

Selanjutnya siswi lainnya dari kelas 5 yang bernama Almira juga memberikan kesan tentang bagian acara yang paling menarik baginya, “Kak Priska Sahanaya menyampaikan public speaking-nya yang tentang teknik penutupan sama lomba mewarnainya. Menurut saya pelajarannya mudah dan seru. Kak Priska Sahanaya itu baik dan pembawaannya dalam menyampaikan materi sangat seru,” tambah Almira.

Testimoni Guru

Para siswa-siswi SD Perguruan Cikini berlomba-lomba untuk berpartisipasi selama sesi workshop berlangsung. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Guru-guru SD Perguruan Cikini merasa pembelajaran public speaking dari Coach Priska Sahanaya memberikan manfaat yang signifikan bagi para siswa-siswi. Salah satunya menurut Miss Eva selaku guru yang mengajar siswa-siswi kelas 3, “Wah banyak banget manfaatnya. Yang pertama anak-anak jadi lebih berani untuk maju ke depan, anak-anak jadi lebih percaya diri, dan tentunya anak-anak jadi tahu teknik-teknik public speaking. Kak Priska Sahanaya itu cantik, energik, dan lucu,” kata Miss Eva.

Selain itu, Miss Aulia selaku wali kelas 5 memberikan pendapatnya mengenai pelaksanaan workshop, “Menurut saya acara yang paling menarik hari ini: semuanya! Karena di acara hari ini benar-benar menjelaskan bagaimana langkah-langkah public speaking yang baik dari segala teknik dan di akhir acara ada lomba mewarnai. Jelas menurut saya materi yang paling bermanfaat teknik-teknik karena itu benar-benar dijelaskan oleh Kak Priska Sahanaya secara detail dan sangat menarik. Menurut saya, Kak Priska Sahanaya itu pintar, menarik, dan seru,” timpal Miss Aulia.

Pesan dan Harapan Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya mengharapkan kegiatan workshop public speaking di SD Perguruan Cikini dapat menumbuhkan kemauan para siswa-siswi untuk terus belajar dalam melatih kemampuan komunikasi yang tentunya sangat diperlukan di kehidupan sehari-hari. Anak sangat perlu untuk dilatih mentalnya sehingga ruang publik tidak membuat anak takut dalam mengekspresikan dirinya. Peran orang tua dan keikutsertaan guru, dan praktisi ahli sangat penting dalam membentuk karakter anak yang percaya diri dan terbuka untuk belajar. Coach Priska Sahanaya berharap usahanya dalam mengajarkan public speaking pada anak dapat menginspirasi banyak pihak terhadap pentingnya peran-peran mereka dalam masa tumbuh kembang anak.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari Coach Priska Sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini!

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Nama penulis: Anggi Tresna Santika

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Related Articles

Back to top button