Ekonomi - Bisnis

Coach Priska Sahanaya Mengajarkan Tips Public Speaking Bersama PRONAS, SINOTIF dan AGATIS di SD dan SMA Tarakanita 1

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya dan guru beserta siswa-siswi SMA Tarakanita 1. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Panggilan Hati Coach Priska Sahanaya Untuk Mengenalkan Public Speaking Sejak Dini

Sebagai Praktisi Public Speaking, Coach Priska Sahanaya sangat menyadari pentingnya kemampuan public speaking untuk dimiliki oleh semua orang karena kemampuan tersebut sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sosial sehari-hari. Namun, seringkali rasa takut dan cemas ketika berbicara di depan umum justru membuat kebanyakan orang tidak melatih kemampuan tersebut. Maka, untuk ikut serta membantu mengenalkan dan mengajarkan pentingnya kemampuan public speaking, Coach Priska Sahanaya menginisiasi untuk mengadakan workshop public speaking gratis yang difokuskan pada anak-anak usia sekolah. Program ini telah diikuti oleh ratusan ribu peserta dan mendapatkan sambutan dan apresiasi yang luar biasa dari berbagai sekolah. Kini, Coach Priska Sahanaya melanjutkan penyelenggaraan workshop public speaking di 1000 sekolah di Jakarta dari tingkatan pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK.

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya bersama guru dan siswa-siswi SD Tarakanita 1. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Salah satunya pada 10 Juni 2024, Coach Priska Sahanaya berkesempatan untuk melaksanakan workshop public speaking di SD dan SMA Tarakanita 1 dengan membawakan tema “4 Teknik Presentasi.” Coach Priska Sahanaya memilih tema tersebut karena para siswa-siswi tentunya familiar dengan kegiatan presentasi di depan kelas. Coach Priska Sahanaya pun memberikan berbagai tips dan trik public speaking yang dapat membantu para siswa-siswi untuk tampil dengan lebih percaya diri dan teknik-teknik presentasi yang dapat dipahami audiens sehingga memberikan kesan positif bagi para audiensnya.

Coach Priska Sahanaya bersama salah satu guru dan siswi SMA Tarakanita 1 yang mendapatkan poin terbanyak di acara workshop. Sumber gambar: Dok. Pribadi.Coach Priska Sahanaya bersama salah satu siswi SD Tarakanita 1 yang memenangkan medali penghargaan. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Program workshop public speaking ini juga didukung oleh Pronas, Sinotif dan Agatis, sponsor yang memberikan kontribusi besar dalam kesuksesan acara ini.

Pronas, sebagai salah satu produsen makanan olahan ternama di Indonesia, telah dikenal luas dengan produk-produknya yang berkualitas seperti kornet, sosis, dan makanan kaleng lainnya.

Acara ini pun disponsori oleh Agatis, perlengkapan alat tulis terpercaya, sahabat anak-anak Indonesia berkreasi. Produk-produk Pronas dan Agatis pun dibagikan kepada para peserta sebagai bentuk apresiasi dan motivasi dalam mengikuti workshop. Dengan dukungan dari Pronas dan Agatis, acara menjadi lebih semarak dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para siswa. 

Selain itu, acara ini juga menyertakan sesi sosialisasi dan permainan seru bersama Sinotif. Sinotif adalah bimbingan belajar yang telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun, khusus dalam Matematika, Fisika, dan Kimia. Dengan metode pembelajaran yang efektif dan fokus pada kebutuhan individu siswa, Sinotif mencakup berbagai kurikulum termasuk nasional dan internasional seperti Cambridge dan IB. Dengan guru-guru ahli bersertifikat, Sinotif menawarkan program les privat, semi privat, dan kelas kelompok, serta layanan e-learning yang fleksibel. 

Antusiasme Siswa-Siswi Berpartisipasi dalam Workshop

Peserta workshop public speaking di SMA Tarakanita 1 yang terlihat antusias dalam mengumpulkan poin. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Coach Priska Sahanaya menggunakan metode interaktif dalam pemaparan materinya, yang mana siswa diminta untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan tanya jawab dan juga berani untuk tampil kedepan kelas untuk menunjukkan kemampuan public speaking-nya. Menurut Coach Priska Sahanaya, pengajaran materi public speaking dengan cara belajar sambil bermain pada anak usia sekolah dasar sangat membantu siswa-siswi dalam menyimak dan memahami materi karena materi yang diberikan langsung dicontohkan dan dapat dipraktikkan langsung oleh para siswa. Sedangkan pada siswa-siswi sekolah menengah atas diadakannya kompetisi mampu untuk meningkatkan partisipasi para siswa-siswi. Maka pada acara workshop tersebut, Coach Priska Sahanaya mengajak para siswa-siswi untuk berpartisipasi di sesi tanya jawab dan menantang siswa-siswi untuk menampilkan kemampuan public speaking-nya di depan kelas. Siswa-siswi yang aktif berpartisipasi akan mendapatkan poin dan di akhir acara siswa dengan poin terbanyak akan memenangkan hadiah berupa medali penghargaan dari Coach Priska Sahanaya.

Siswa-siswi SD Tarakanita 1 pun tidak kalah antusias dalam mengikuti acara workshop public speaking. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Diadakannya kompetisi berhasil meningkatkan antusiasme para siswa-siswi untuk terus aktif berpartisipasi selama acara berlangsung. Guru-guru SD Tarakanita 1 serta SMA Tarakanita 1 turut bangga ketika melihat para siswa-siswinya aktif dalam menunjukkan kemampuan komunikasinya dan juga aktif bertanya tentang public speaking. Para guru mengharapkan ilmu-ilmu yang diberikan Coach Priska Sahanaya dapat dimanfaatkan dengan baik dalam masa tumbuh kembang siswa-siswinya. Guru-guru pun berharap Coach Priska Sahanaya dapat mengadakan kerja sama untuk mengadakan workshop public speaking dengan tema-tema lain agar dapat menambah wawasan para siswa-siswi dalam meningkatkan kemampuan public speaking-nya.

Kehadiran PRONAS, SINOTIF dan AGATIS Semakin Memeriahkan Acara

Kegiatan sesi memasak menggunakan produk sponsor Pronas di SMA Tarakanita 1. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Selain workshop, kegiatan di SMA Tarakanita 1 juga diisi dengan sesi memasak dan makan bersama yang turut dimeriahkan oleh Pronas. Para siswa diajak untuk memasak bersama menggunakan produk-produk Pronas, seperti sosis dan kornet. Sesi ini tidak hanya mengajarkan keterampilan memasak, tetapi juga meningkatkan kebersamaan dan kerja sama antar siswa. Setelah sesi memasak, seluruh peserta menikmati hasil masakan mereka bersama-sama, menciptakan suasana yang hangat dan penuh keceriaan.

Kegiatan lomba mewarnai di SD Tarakanita 1 yang disponsori oleh Agatis. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Lalu, pada kegiatan workshop di SD Tarakanita 1, siswa-siswi mengikuti lomba mewarnai bersama Agatis yang mengajak anak-anak untuk berkreasi sekreatif mungkin dengan menunjukkan imajinasinya dengan pensil warna Agatis yang beragam dan warna-warnanya yang menyenangkan.

Image

Selain itu, acara ini juga menyertakan sesi sosialisasi dan permainan seru bersama Sinotif. Sinotif adalah bimbingan belajar yang telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun, khusus dalam Matematika, Fisika, dan Kimia. Dengan metode pembelajaran yang efektif dan fokus pada kebutuhan individu siswa, Sinotif mencakup berbagai kurikulum termasuk nasional dan internasional seperti Cambridge dan IB. Dengan guru-guru ahli bersertifikat, Sinotif menawarkan program les privat, semi privat, dan kelas kelompok, serta layanan e-learning yang fleksibel. 

Testimoni Siswa

Penyerahan Piagam dari Guru SMA Tarakanita 1 kepada Coach Priska Sahanaya yang telah mengisi acara workshop public speaking. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Salah satu siswi SMA Tarakanita 1 yaitu Catherine dari kelas 10 mengungkapkan kesan yang didapatkannya setelah mengikuti workshop, “Menurut saya, tiga hal yang paling menarik selama sesi, yang pertama pasti edukasinya karena ini penting banget terutama bagi remaja yang masih malu. Menurut saya, ini berguna banget untuk melatih soft skill dan melatih berbicara di depan umum. Yang menarik kedua adalah games-nya, games-nya banyak, gak monoton, gak bikin bosen. Terus di acara ini Coach Priska Sahanaya mengapresiasi banget setiap ada yang maju bakal di kasih hadiah dan support dari temen-temen yang lain. Kalo menurut aku materi yang paling menarik itu, ada di cara kita public speaking. Contohnya, pada saat Coach Priska Sahanaya menjelaskan tahapan-tahapan apa sih yang kita pakai untuk public speaking. terus bagaimana cara closing dan cara ice breaking, karena itu menurut aku itu merupakan struktur bagaimana kita public speaking,” jelas Catherine dengan penuh semangat.

Kemudian Tobias, salah satu siswa SD Tarakanita 1 kelas 4, pun turut memberikan pendapatnya mengenai kegiatan workshop, “Menurut saya, acaranya rame, di acaranya kami diberi hadiah, dan di acaranya kita dapat mempelajari tentang public speaking. Manfaat dari acara hari ini adalah kami dapat mempelajari tentang public speaking nanti agar masa depannya kita dapat mempresentasikan apa saja dengan berani dan semangat. Menurut saya, Kak Priska Sahanaya baik, adil, dan semangat,” seru Tobias.

Testimoni Guru

Penyerahan Sertifikat dari SD Tarakanita 1 kepada Coach Priska Sahanaya yang telah mengisi acara workshop. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Ibu Mesti, selaku guru Sosiologi dan Sejarah di SMA Tarakanita 1, berpendapat, “Menurut saya, tiga hal yang paling menarik selama sesi public speaking itu adalah yang pertama metode yang digunakan Coach Priska Sahanaya dalam menyampaikan materi public speaking. Yang kedua, dari metode itu yang menurut saya menarik itu adalah para siswa jadi tertarik dan sangat antusias selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Coach Priska Sahanaya dan yang terakhir adanya reward bagi para siswa yang mau berpartisipasi aktif. Menurut saya, materi yang paling sukai adalah ketika Coach Priska Sahanaya menyampaikan materi tentang bagaimana kita harus menyampaikan sesuatu supaya pesan ingin disampaikan tersampai dengan baik menggunakan bahasa tubuh dengan baik. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu cerdas, inspiratif dan keren sekali,” kata Bu Mesti.

Selain itu Bapak Andreas Sugiono, selaku wakil kepala sekolah di bidang kesiswaan dan juga guru Matematika di SD Tarakanita 1 menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran Coach Priska Sahanaya, “Yang menarik menurut saya di acara hari ini, yaitu, satu, games yang dibawakan Kak Priska Sahanaya tadi karena anak-anak sambil bermain tapi sekaligus juga belajar. Kemudian yang kedua, materi public speaking ini sangat menarik sekali karena sangat-sangat membantu siapa saja, terutama juga guru pendidik dalam mengajar anak-anaknya. Menurut saya, materinya sangat menarik karena, satu, mudah dipahami. Kemudian juga Kak Priska Sahanaya menyampaikan dengan asyik dan menyenangkan. Kemudian juga anak-anak dapat menerima dengan senang dan gembira. Menurut saya, Coach Priska itu semangat, kreatif, dan sangat memotivasi,” ucap Pak Andre.

Pesan dan Harapan Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya mengharapkan dengan diadakannya kegiatan workshop public speaking gratis di SD dan SMA Tarakanita 1 ini dapat menginspirasi para siswa-siswi untuk terus belajar dalam melatih kepercayaan dirinya dan kemampuan public speaking-nya. Coach Priska Sahanaya juga mengharapkan guru-guru SD dan SMA Tarakanita 1 dapat terus menciptakan ruang belajar yang suportif bagi siswa agar siswa dapat mengeksplorasi minat dan bakatnya dengan rasa aman dan nyaman. Sebagaimana ruang belajar yang suportif meliputi ruang kelas yang mendorong siswa-siswi untuk mencoba hal-hal baru dan ruang yang mendengarkan dan mengawal proses perkembangan siswa. Coach Priska Sahanaya pun berharap kegiatan workshop-nya dapat membantu para guru dalam mendidik karakter siswa yang kedepannya siswa mampu untuk menyampaikan perasaan dan pemikirannya secara lebih kreatif dan ekspresif.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari coach Priska? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini!

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Nama penulis: Anggi Tresna Santika & Davina Indrianti.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Related Articles

Back to top button