PALI

Aplikasi Inovatif SIREGITA Tingkatkan Kualitas IKM di PALI

PALI, JS.com- Sebuah langkah inovatif dalam menunjang peningkatan kualitas para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) berhasil diciptakan oleh Ali Akbar, SE MM, peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II Tahun 2024 pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam aksi perubahan yang diikutinya, Ali Akbar menghadirkan sebuah aplikasi pendataan bagi pelaku IKM di Kabupaten PALI.Ā 

Aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Registrasi Data (SIREGITA) diyakini menjadi alat yang dapat memberikan kemudahan bagi Pemerintah Kabupaten PALI untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan pelaku IKM di wilayah tersebut.

"Alhamdulillah, melalui Aksi Perubahan ini kami berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang kami beri nama SIREGITA IKM di Kabupaten PALI," jelas Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten PALI itu.

SIREGITA merupakan aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, khususnya dalam peningkatan pengelolaan dan pembinaan IKM agar memiliki kompetensi dan daya saing.

"Sosialisasi terus kami lakukan, baik melalui rapat di Kantor Disperindag maupun melalui media sosial dan media massa. Harapan kami, aplikasi SIREGITA memberikan dampak positif bagi pelaku IKM di Kabupaten PALI, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian daerah," tambahnya.

Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, juga memberikan dukungan terhadap aplikasi SIREGITA IKM PALI.Ā 

Menurutnya, aplikasi ini memungkinkan pemerintah daerah untuk mengumpulkan dan mendata pelaku IKM secara lebih efisien, sehingga pembinaan dapat dilakukan dengan lebih terarah dan efektif.

"Dengan terdatanya para pelaku IKM, pemerintah daerah bisa hadir dalam melakukan pembinaan yang lebih baik, meningkatkan kompetensi dan daya saing mereka. Harapan kami, ini akan menciptakan kesejahteraan bagi para pelaku IKM," pungkasnya.

Aplikasi SIREGITA diharapkan menjadi tonggak penting dalam pengembangan IKM di Kabupaten PALI, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui inovasi teknologi yang mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. (Red)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button