Ekonomi - Bisnis

Coach Priska Sahanaya Menjelaskan Pentingnya Kepercayaan Diri dalam Public Speaking di SMK Bank Dagang Negara

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya dan guru-guru beserta siswa-siswi SMK Bank Dagang Negara. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dalam Public Speaking

Ketika seorang pembicara melakukan public speaking di hadapan banyak orang, sangat penting bagi pembicara untuk menyampaikan ide dan gagasannya dengan jelas dan efektif. Pembicara perlu meyakinkan audiensnya bahwa gagasan dan ide yang disampaikannya dapat dipahami dengan baik dan dapat bermanfaat bagi audiens. Sehingga dalam proses meyakinkan audiens, pembicara perlu menyampaikan pesannya dengan penuh percaya diri dengan gestur tubuh, artikulasi dan intonasi suara yang tepat untuk mendukung informasi yang disampaikannya. Dengan memiliki rasa kepercayaan diri, seseorang cenderung akan lebih mudah untuk mengambil kesempatan-kesempatan baru, berani mengeksplorasi potensi dan minat diri, dan juga lebih mampu dalam mengatasi tantangan dan hambatan di kehidupan sehari-hari. 

Menumbuhkan rasa percaya diri menjadi salah satu bagian pendidikan holistik berbasis karakter yang dilaksanakan di sekolah-sekolah untuk membantu tumbuh kembang anak usia sekolah terhadap kemampuannya dalam menyampaikan perasaan dan pemikirannya secara kritis, ekspresif, dan kreatif. Dalam upaya untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dan memiliki keterampilan sosial yang berbudi pekerti dan berintegritas tinggi di kehidupan sosial anak sehari-hari, Coach Priska Sahanaya membawakan workshop yang bertema “Build Your Confidence in Public Speaking” di SMK Bank Dagang Negara.

Sekilas Tips dan Trik dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri

Potret Coach Priska Sahanaya ketika menjelaskan materi public speaking. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Pada workshop tersebut, Coach Priska Sahanaya menjelaskan beberapa tips dan trik yang akan membantu para siswa-siswi untuk melatih kepercayaan diri melalui kegiatan public speaking, diantaranya adalah persiapan yang matang, percaya pada kemampuan diri dengan imagine, dan fokus terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Menurut Coach Priska Sahanaya, kunci dalam melakukan public speaking yang baik bermula dari persiapan diri dan materi yang matang. Dengan rutin melakukan latihan, menyampaikan penguasaan materi dengan baik dan diikuti dengan terbiasa untuk mencoba menampilkan kemampuan public speaking di berbagai ruang publik, seorang public speaker dapat dengan mudah menyampaikan pesan yang ingin disampaikannya secara fleksibel kepada banyak orang dimanapun dan kapanpun.

Seorang public speaker perlu mengingat bahwa dirinya harus lebih berfokus terhadap pesan yang ingin disampaikannya kepada audiens daripada bagaimana audiens akan bereaksi terhadap penampilan sang public speaker. Coach Priska Sahanaya menekankan bahwa kehadiran seorang public speaker itu penting karena public speaker diberi kesempatan untuk menyampaikan pemikirannya yang inspiratif, bukan hanya karena seorang public speaker tersebut ingin tampil saja di hadapan umum. Public speaker lah yang harus memberikan pengaruh positif sebagaimana public speaking adalah seni berkomunikasi untuk menginspirasi dan memersuasi audiens untuk mengikuti ide dan gagasan yang disampaikan oleh sang public speaker.

Workshop Interaktif Bersama Coach Priska Sahanaya

Siswa-siswi SMK Bank Dagang Negara sangat antusias ketika diminta untuk maju ke depan dan mempraktikkan materi secara langsung. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Dalam menjelaskan materi workshop-nya, Coach Priska Sahanaya menggunakan metode interaktif untuk mengajak partisipasi para siswa-siswi untuk aktif bertanya dan menjawab di sesi tanya jawab mengenai public speaking dan mengajak siswa-siswi untuk mencoba mempraktikkan materi secara langsung dengan maju ke depan aula. Coach Priska Sahanaya pun memberikan poin bagi tiap siswa-siswi yang aktif berpartisipasi, yang mana poin-poin yang terkumpul akan diakumulasikan di akhir acara dan siswa/siswi dengan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah berupa medali penghargaan dari Coach Priska Sahanaya.

Testimoni Siswa

Pengumuman pemenang bagi siswa dengan poin tertinggi selama sesi workshop berlangsung. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Rio Wahyu Gunawan berkata bahwa ilmu public speaking sangat banyak manfaatnya, terutama bagi dirinya yang bercita-cita menjadi menteri dalam negeri. "Ketika saya bekerja di sana, public speaking sangatlah dibutuhkan, di mana saya akan memberikan presentasi dan banyak kontribusi menggunakan public speaking," ucap Rio dengan penuh percaya diri

 Icha juga turut memberikan kesannya terkait manfaat dari acara workshop bersama Coach Priska Sahanaya, “Public speaking itu berguna ya untuk kita semua terutama untuk yang bercita-cita sebagai lawyer atau mungkin menjadi pengusaha sukses itulah kenapa public speaking itu penting untuk kita semua. Sesi yang paling menarik itu pas Coach Priska Sahanaya tanya jawab jadi dia itu kayak main tebak-tebakan gitu, seru banget!” Jelas Icha.

Testimoni Guru

Menurut Kepala Sekolah SMK Bank Dagang Negara, Bapak Sujarwo, workshop ini sangat membantu siswa-siswi SMK Bank Dagang Negara untuk belajar public speaking dengan baik. "Luar biasa antusiasmenya. Memang public speaking ini perlu buat anak-anak. Anak-anak semangat mendengarkan dari awal sampai akhir sampai tadi ada pemenangnya yang luar biasa. Mudah-mudahan pembelajaran ini bisa memberikan semangat anak-anak untuk lebih baik lagi," tutur Pak Sujarwo.

Ibu Siswani Anomia, selaku pembina OSIS di SMK Bank Dagang Negara, workshop ini sangat penting dalam masa-masa pengembangan diri siswa-siswinya, "Menurut saya (workshop) tadi sangat bagus untuk melatih para siswa bisa melatih bagaimana berbicara di depan banyak orang. Sesi yang paling menarik ketika memberikan semangat kepada teman yang maju dan itu pun menjadi nilai plus buat kerja sama untuk semua siswanya," kata Bu Siswani.

Harapan dan Pesan Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya berharap dengan diadakannya workshop public speaking di SMK Bank Dagang Negara dapat memberikan pengetahuan, keterampilan baru, dan dapat membantu menumbuhkan kepercayaan diri. Semoga ilmu-ilmu yang diberikan Coach Priska Sahanya mampu menginspirasi para siswa-siswi untuk terus berusaha menjadi pribadi yang berani dalam mengeksplorasi kemampuan diri dan pribadi yang komunikatif, mampu berbicara secara efektif di depan publik. Dengan demikian, siswa-siswi akan siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan di masa depan dengan lebih percaya diri dan mampu bersaing dalam era globalisasi yang semakin kompetitif.

Coach Priska Sahanaya yang telah menyelenggarakan workshop public speaking di ratusan sekolah yang diikuti oleh ratusan ribu peserta, kini masih melanjutkan acara workshop public speaking di 1000 sekolah di Jakarta dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari Coach Priska Sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini:

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Penulis: Anggi Tresna Santika

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Related Articles

Back to top button