PALI

Festival Sagarurung: Pameran Kreativitas UMKM dan Peringatan Hari Koperasi Nasional di Kabupaten PALI

PALI, JS.com- Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyelenggarakan Festival Sagarurung di Gelora November pada Kamis (25/07/2024), sebagai upaya mendorong perkembangan dan kemajuan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah tersebut. 

Acara ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Koperasi Nasional, dengan Kabupaten PALI tahun ini dipercaya sebagai tuan rumah peringatan tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Festival ini semakin semarak dengan penampilan artis ibu kota, yang berhasil menarik perhatian warga.

Antusiasme masyarakat tampak tinggi saat mereka menikmati berbagai kegiatan yang ditawarkan.

Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo MM, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kartika Yanti, membuka acara tersebut. Hadir pula Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Selatan, Kapolres PALI, Danramil 404-03 Pendopo, serta para pejabat dari OPD dan perwakilan daerah lain di Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Sekda Kartika Yanti menekankan pentingnya Festival Sagarurung sebagai wadah untuk memperkenalkan produk lokal PALI yang berkualitas. 

“Event ini menciptakan ruang lingkup luas bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan ekonomi rakyat dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pedagang yang terlibat,” ujarnya.

Sekda juga memberikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan festival ini.

Sebanyak 17 kabupaten/kota turut berpartisipasi dengan menyediakan stand untuk berjualan, memperlihatkan keberagaman produk UMKM di Sumatera Selatan.

Raden Abdurrohman, Plt. Kepala Dinas Koperasi UMKM PALI, menambahkan, “Festival Sagarurung yang ke-3 ini tidak hanya menampilkan makanan olahan ikan sagarurung, tetapi juga meluncurkan KUR subsidi bunga nol persen untuk usaha mikro, ikan asap, lomba masak, jalan santai, dan berbagai rangkaian kegiatan lainnya.”

Rohman berharap festival ini dapat terus menggaungkan sagarurung sebagai makanan khas PALI dan membantu pelaku UMKM. 

Ia mengajak warga PALI untuk turut meramaikan dan menyaksikan acara ini.

Salah satu warga, Ria Hartati dari Kelurahan Talang Ubi Selatan, mengungkapkan rasa senangnya terhadap festival ini. 

“Saya sangat berharap festival seperti ini dapat diadakan kembali tahun depan,” harapnya saat menghadiri Festival Sagarurung. (Own)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button