Ekonomi - Bisnis

Cari Vendor CRM? Berikut 5 Aplikasi CRM Terbaik Rekomendasi Untuk Bisnis Anda

Pastikan untuk mencari vendor CRM yang tepat berdasarkan kualitas, fitur dan harga yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Memilih vendor CRM yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri mengingat beragamnya pilihan penyedia, fitur, dan harga yang ditawarkan.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap bisnis untuk memahami dengan mendalam kebutuhan operasional mereka agar dapat memilih solusi yang tidak hanya sesuai dengan anggaran, tetapi juga mampu mengoptimalkan efisiensi kerja.

Aplikasi CRM memiliki banyak manfaat yang dapat diberikan kepada bisnis, mulai dari meningkatkan manajemen data pelanggan yang terpusat hingga meningkatkan pelayanan pelanggan dengan respon yang lebih cepat dan akurat.

Dengan otomatisasi tugas-tugas rutin, seperti pengelolaan tugas dan pelacakan prospek, CRM tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mengurangi potensi human error.

Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM Untuk Bisnis

  1. Meningkatkan Manajemen Data Pelanggan

Anda dapat menyimpan dan mengelola data pelanggan secara terpusat sehingga memudahkan akses dan memantau informasi pelanggan yang akurat.

  2. Pelayanan Pelanggan Yang Lebih Baik

Dengan informasi pelanggan yang lengkap dan mudah diakses, tim layanan pelanggan dapat merespons pertanyaan dan permintaan dengan lebih cepat dan tepat, meningkatkan kepuasan pelanggan.

  3. Otomatisasi Tugas

CRM dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin seperti otomatis assign sales sehingga menghemat waktu dan double follow-up.

  4. Meningkatkan Penjualan

Anda dapat lebih mudah dalam mengelola prospek, melacak setiap tahap dalam siklus penjualan, dan meningkatkan konversi dengan strategi yang lebih terarah.

  5. Analisis dan Laporan Yang Detail

CRM menyediakan analitik dan laporan untuk memantau kinerja dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan sehingga dapat membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan data.

  6. Mudah Kolaborasi Antar Departemen

CRM mempermudah tiap departemen bisnis untuk berkolaborasi dan berbagi saling informasi dalam satu sistem terpusat sehingga tidak ada salah komunikasi.

  7. Mudah Mengelola Prospek

Anda dapat mengelola prospek dari awal hingga akhir sehingga memastikan tidak ada peluang yang terlewatkan dan setiap prospek mendapatkan perhatian yang tepat.

  8. Personalisasi Pelanggan

Dengan data pelanggan yang terperinci, bisnis Anda dapat merancang kampanye pemasaran yang lebih personal sehingga meningkatkan potensi penjualan.

  9. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan melalui CRM, Anda dapat menyediakan layanan yang lebih baik dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

  10. Mobilitas dan Akses Real-Time

Banyak aplikasi CRM modern yang menyediakan akses melalui perangkat mobile, memungkinkan tim penjualan dan layanan untuk mengakses data pelanggan dan informasi penting kapan saja dan di mana saja, meningkatkan fleksibilitas dan responsivitas.

Rekomendasi Penyedia Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis

Dari banyaknya penyedia aplikasi CRM yang ada, kami telah merangkum penyedia CRM terbaik untuk bisnis Anda.

1. Barantum

(Sumber: Barantum.com)

Rekomendasi pertama, yaitu Barantum yang merupakan penyedia aplikasi CRM terkemuka di Indonesia dan terkenal karena kemudahan penggunaannya.

Barantum tidak hanya menyediakan layanan CRM, tapi juga aplikasi call center, omnichannel chat, dan juga merupakan penyedia WhatsApp Business API resmi di Indonesia.

Semua sistem Barantum sangat mudah dintegrasikan satu sama lain, bisnis dapat menggunakan produk Barantum untuk semua kebutuhan manajemen pelanggan perusahaan mulai dari tim penjualan, tim layanan pelanggan, tim pusat panggilan, tim pemasaran dan manajemen.

Aplikasi CRM Barantum memiliki beragam fitur, mulai dari manajemen prospek, kontak pelanggan, task, project, KPI, penawaran dan laporan analisis di mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dengan kemampuan untuk berbagi informasi secara real-time dan terpusat, mempermudah tiap tim Anda dalam melakukan koordinasi dan mengoptimalkan strategi pemasaran. 

2. Salesforce

Salesforce adalah penyedia sistem CRM yang berkantor pusat di San Francisco, California.

Salesforce menawarkan rangkaian aplikasi CRM yang mendukung layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, dan pengembangan aplikasi.

Salesforce memiliki berbagai fitur, seperti Sales Cloud, Marketing Cloud, Service Cloud, dan Commerce Cloud.

3. Zoho

Zoho adalah platform CRM yang membantu pertumbuhan bisnis dengan membangun hubungan pelanggan yang baik.

Zoho CRM meningkatkan efisiensi operasional dengan berbagai alat CRM seperti otomatisasi tugas harian, omnichannel, dan workflow automation.

4. HubSpot

HubSpot adalah rekomendasi CRM lainnya yang menawarkan kode pelacakan unik untuk memantau traffic website.

HubSpot menghadirkan berbagai macam software Business to Business (B2B) untuk membantu Anda mendapatkan prospek, dan meningkatkan penjualan.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan, yaitu Live Chat, Email Marketing, Otomatisasi Pemasaran, Manajemen Penjualan, dan Manajemen Kontak.

5. Freshsales

Terakhir, yaitu Freshsales yang merupakan salah satu software CRM dengan menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan perusahaan, seperti Ticketing, Email Tracking, Manajemen Sales, dan Event Tracking.

Dari berbagai pilihan penyedia aplikasi CRM, kami merekomendasikan Barantum sebagai pilihan terbaik untuk bisnis Anda.

Barantum telah digunakan oleh lebih dari 3000+ bisnis di Indonesia dan dipilih oleh banyak perusahaan karena memberikan dukungan dan layanan pelanggan yang lebih cepat dan profesional dibandingkan vendor CRM lainnya yang ada di Indonesia.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Related Articles

Back to top button