Ekonomi - Bisnis

Peringati HUT ke-10, Waskita Beton Precast Tanam 1.000 Pohon Trembesi di Bandung

PT Waskita Beton Precast Tbk berkolaborasi dengan LindungiHutan menanam 1.000 bibit trembesi di Desa Cipada, Kabupaten Bandung Barat.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap pelestarian lingkungan, PT Waskita Beton Precast Tbk (kode saham: WSBP) telah melaksanakan kegiatan penanaman 1.000 pohon trembesi di Dusun Cipare, Desa Cipada, Kabupaten Bandung Barat (21/9). 

Kegiatan penanaman bertajuk "WSBP Inspiring Kindness: Reforestation" turut dihadiri oleh 10 perwakilan Insan WSBP bersama Kepala Divisi Readymix & Quarry WSBP Handoko Budi Nugroho, Kepala Resort Polisi Hutan Oo Sukmana, Kepala Dusun Cipare Babakan Apung, tim LindungiHutan, dan perwakilan petani Asep Sumepa.

Program ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka Hari Ulang Tahun WSBP ke-10 untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi dampak perubahan iklim, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

“Dalam rangka perayaan satu dekade perusahaan, WSBP ingin berkontribusi lebih besar terhadap pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon di daerah Bandung Barat. Kami memilih menanam pohon sebagai bagian dari program CSR yang berfokus pada pelestarian lingkungan dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-15, yaitu Menjaga Ekosistem Darat,” ujar Fandy Dewanto VP of Corporate Secretary PT Waskita Beton Precast Tbk.

Fandy menambahkan, “Ini juga menjadi upaya untuk mengurangi emisi karbon, mencegah erosi tanah, serta memperbaiki kualitas lingkungan hidup, sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan”.

Penanaman bibit trembesi PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Waskita Beton Precast, yang dikenal sebagai salah satu produsen beton Precast dan Readymix terbesar di Indonesia, memanfaatkan momen ini untuk tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, tetapi juga mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar. 

Kabupaten Bandung Barat dipilih sebagai lokasi program CSR ini karena kondisi geografisnya yang rawan terhadap erosi dan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di area tersebut. 

Penanaman pohon trembesi ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam menjaga kualitas udara, menahan erosi tanah, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian lingkungan. Sekaligus membantu mencegah terjadinya bencana alam seperti longsor, yang sering kali menjadi ancaman di wilayah berbukit. Selain itu, trembesi yang dikenal sebagai pohon pelindung dapat memberikan keteduhan dan menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar area penanaman.

Pohon trembesi dipilih WSBP karena mampu menyerap emisi hingga 28,5 ton CO2 per tahun, berperan sebagai peneduh alami dengan kanopi yang lebar, dan memiliki ketahanan terhadap kondisi tanah yang buruk serta cuaca ekstrem.

Penanaman bibit trembesi PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur beton, Waskita Beton Precast menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pertumbuhan bisnis dan kelestarian lingkungan. Melalui program CSR ini, mereka berupaya menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur yang masif harus disertai dengan upaya konkret untuk menjaga lingkungan hidup.

“Kami berharap bahwa 1.000 pohon-pohon trembesi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang, baik bagi lingkungan maupun masyarakat sekitar. Kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain serta masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan terlibat dalam kegiatan penghijauan,” ucap Fandy. 

Program ini terintegrasi dengan inisiatif yang akan dijalankan WSBP yaitu 10 Spun Pile 1 Pohon, di mana setiap 10 Spun Pile yang terjual akan ditanam 1 pohon trembesi. Ini mencerminkan bahwa produk WSBP bukan hanya fondasi fisik, tetapi juga fondasi kelestarian lingkungan, dengan pohon yang ditanam menjadi dasar bagi ekosistem yang kuat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Langkah strategis ini mendukung tujuan global atau Sustainable Development Goal (SDG) nomor 15: Menjaga Ekosistem Darat, yang berfokus pada perlindungan dan pemulihan ekosistem darat secara berkelanjutan. Melalui kolaborasi dengan Yayasan LindungiHutan, WSBP menyelaraskan kegiatan komersial perusahaan dengan inisiatif lingkungan, memastikan setiap langkah yang diambil berdampak positif bagi alam.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Related Articles

Back to top button