BeritaEkonomi - BisnisNasonal

Tak Hanya Bantuan Dana Penunjang Pendidikan,BI Sumsel Juga Dukung Pengembangan Kepemimpinan dan Pengetahuan Penerima Beasiswa Bank Indonesia

Palembang - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mengadakan kegiatan Leadership Camp bagi mahasiswa/i penerima beasiswa Bank Indonesia yang tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI). Kegiatan Leadership Camp pada tahun ini mengangkat tema “Leading Beyond Boundaries: Empowering the Next Generation Leaders”. Leadership Camp merupakan rangkaian kegiatan leadership practice dan capacity building yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 12 hingga 13 Oktober 2024 di Palembang. Kegiatan ini tidak hanya melatih jiwa kepemimpinan para peserta tetapi juga menyasar pada pengayaan soft skills lainnya serta pembekalan materi terkait kebijakan dan peran Bank Indonesia terkini.
Tidak hanya penerima beasiswa Bank Indonesia di wilayah Sumatera Selatan saja, tetapi penerima beasiswa Bank Indonesia di wilayah Jambi juga turut menjadi peserta giat GenBI Leadership Camp 2024 ini. Berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, beragam rangkaian acara dihadirkan untuk mengasah keterampilan high level thinking, komunikasi, dan kerjasama para peserta. Kolaborasi dan sinergi juga dilakukan bersama Jasmani Kodam (Jasdam) II Sriwijaya dalam pelaksanaan outbond bagi peserta. Dalam sambutannya, Kepala Jasdam II Sriwijaya, Kolonel Infantri Mochamad Arief Gumelar, S.I.P., M.M., menyampaikan bahwa peserta diharapkan mampu mengasah jiwa kepemimpinan dan nasionalisme, sehingga mampu mampu menggagas berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik dan menjadi garda terdepan dalam melakukan aksi nyata pembangunan bangsa.
Selain kegiatan outbond, para peserta juga diajak untuk mengenal dan mempromosikan komoditas unggulan dan pariwisata Sumatera Selatan melalui acara “Ngopi Bersama di Pinggir Sungai Musi”. Kegiatan ini menjadi momen para peserta untuk saling mengakrabkan diri dan berbagi pengalaman ditemani kopi khas Sumsel dan pemandangan Jembatan Ampera di sore hari. Tidak hanya itu, dalam malam kebersamaan, mahasiswa/i pilihan ini juga saling unjuk bakat dan keterampilannya mulai dari MC, menyanyi, ber-akting, membaca puisi, menari, hingga fotografi; membuktikan para anggota GenBI tidak hanya cakap di bidang akademis namun juga bidang non-akademis.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Ricky P. Gozali, menyampaikan bahwa rangkaian acara selama dua hari tersebut diharapkan dapat membentuk para peserta menjadi tiga pilar GenBI yakni fronliners, change agent, dan future leaders. “Harapannya dengan kegiatan-kegiatan tersebut dapat membentuk para peserta menjadi frontliners yang menjadi garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan BI; menjadi change agents dengan cara menjadi role model di kalangan mahasiswa dan masyarakat utamanya dalam hal perilaku dan prestasi; serta menjadi future leaders atau pemimpin muda di berbagai bidang dan tingkatan”, jelas Ricky. Dirinya berharap selama dua hari ini, sebanyak 275 penerima beasiswa dari 5 perguruan tinggi ini dapat membuka pikiran dan menjelajahi perspektif untuk berani berinovasi, berempati, dan mengambil langkah-langkah konkret dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat.
Sejak tahun 2014, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel) telah menyalurkan beasiswa kepada lebih dari 1.500 mahasiswa/i Perguruan Tinggi Negeri dan Politeknik di wilayah Sumatera Selatan. Pada tahun ini, beasiswa tersebut kembali disalurkan kepada 175 mahasiswa/i dari Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, dan Politeknik Negeri Sriwijaya. Bantuan dana penunjang pendidikan tersebut diberikan setiap tahun kepada mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non-akademik, berasal dari keluarga yang kurang mampu, serta aktif dalam berbagai kegiatan dan aktivitas sosial.(fie)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button