Palembang

Distrik Navigasi Palembang Libatkan 170 masyarakat diprogran Padat Karya Kemenhub

 

PALEMBANG (23/9) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Kelas I Palembang melaksanakan program padat karya tahap II dengan melibatkan 170 warga setempat.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang, Muh. Anto Julianto, SE., M.Si., AK., CA., QIA mengemukakan pelaksanakan padat karya tahap II ini bertujuan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap, untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat, dan membantu mengurangi pengangguran serta langkah strategis dalam pengamanan aset khususnya Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) terutama pada kegiatan padat karya yang dilakukan di lokasi menara suar dan rambu suar pada alur pelayaran yang melibatkan masyarakat setempat.

“170 orang peserta program padat karya yang terlibat diutamakan yang tidak memiliki keahlian khusus serta tidak memiliki pekerjaan dalam waktu cukup lama akibat terdampak pandemi Covid-19 guna menyambung kelangsungan perekonomian” ungkap Muh. Anto, Kamis (23/9).

Anto mengatakan program padat karya tahap II ini dilaksanakan mulai tanggal 23 September 2021 s/d 8 Oktober 2021 di 12 titik pada 3 provinsi sesuai wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Palembang, Lima titik lokasi di Provinsi Sumatera Selatan yaitu 3 lokasi di lingkungan Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang berupa pembersihan lingkungan kantor, pembersihan sungai depan dermaga, pembersihan lingkungan dermaga, dan 2 lokasi di SROP Palembang (lokasi Kenten dan Pendawa). Selain itu tiga titik lokasi di Provinsi Jambi yaitu 1 lokasi pada rambu suar Talang Duku dan 2 lokasi pada rambu suar di alur pelayaran Pelabuhan Muara Sabak (Rambu penuntun Tg. Niur A & B). Empat titik lokasi lainnya di Provinsi Bangka Belitung yaitu 3 lokasi di Kabupaten Bangka Barat dan 1 lokasi di Kabupaten Bangka Belitung.

“Pada kegiatan padat karya tahap ke II ini yang berlokasi di sekitar lingkungan Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang, PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang turut bergabung memeriahkan pelaksanaan program padat karya. Kedepannya, kami akan mengajak Kantor KSOP Kelas II Palembang untuk bergabung melaksanakan kegiatan padat karya yang sudah di rencanakan oleh Kementerian Perhubungan” ungkap Anto, Kamis (23/9)

Anto berharap program padat karya ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan dapat ditingkatkan sesuai anggaran yang tersedia.

Pembukaan padat karya ini ditandai dengan pemukulan palu oleh Anggota DPR RI Komisi V, Ir. Eddy Santana Putra, MT dan dihadiri oleh Walikota Palembang yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan Herly Kurniawan, S.Sos, MAP , Kepala KSOP Kelas II Palembang Letkol Mar. Triyanto, Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Kepelabuhan Boom Baru AKP Imelda Rahmat, SH, General Manager PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang Silo Santoso.

Sambutan oleh Walikota Palembang yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan Herly Kurniawan, S.Sos, MAP mengatakan atas nama pemerintah kota palembang sangat senang dengan adanya program ini dirasakan sangat membantu masyarakat terutama masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19, dan bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat akan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat, membangkitkan kegiatan sosial dan meningkatkan ekonomi masyarakat dalam penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan padat karya ini, berharap program padat karya ini dapat menciptakan pemberdayaan masyarakat sekitar sekaligus dapat mengedukasi masyarakat yang membangun pola hidup produktif serta menjaga kebersihan lingkungan (23/9)

Dalam sambutan Anggota DPR RI Komisi V, Ir. Eddy Santana Putra, MT , adanya program padat karya ini mendukung masyarakat yang pendapatannya berkurang karena banyaknya pemutusan kerja (PHK) bisa ikut terbantu. Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk masyarakat peserta padat karya dan membantu ekonomi keluarga.

Ir. Eddy Santana Putra, MT juga berkenan untuk memberikan bingkisan` sembako kepada 85 peserta padat karya yang hadir dalam pembukaan kegiatan ini dan mendukung adanya kerjasama antara PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang dengan Distrik Navigasi Kelas I Palembang (nur/ril)

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button