Ogan Ilir

Naik Perahu, Bupati OI Tinjau Lokasi Pemukiman  Warga Yang Diterjang Angin Puting Beliung

Inderalaya

Setelah mendengar adanya bencana alam puting beliung yang menerjang pemukiman warga di Kecamatan Pemulutan Selatan, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi beserta jajaran langsung bertindak. Minggu (24/10/2021) mereka meninjau langsung tiga Desa di Pemulutan Selatan yang terdapat rumah rusak diterjang angin.

Tiga Desa tersebut yakni Sungai Lebung, Harimau Tandang dan Maju Jaya.

Saat tiba di Desa Sungai Lebung, Bupati Ogan Ilir beserta rombongan harus menumpang perahu untuk menuju pemukiman warga yang diterpa angin puting beliung yang lokasinya di wilayah perairan rawa.

“Kami dapat laporan di Desa Sungai Lebung ada 20 rumah diterpa angin. Setiap rumah ada satu kepala keluarga,” kata Panca saat meninjau rumah warga dj Dusun IV Desa Sungai Lebung, Minggu (24/10/2021).

Selain di Sungai Lebung, tercatat ada enam rumah lainnya diterpa angin puting beliung di Pemulutan Selatan, yakni 4 rumah di Desa Harimau Tandang dan 2 rumah di Desa Maju Jaya.

“Desa Sungai Lebung yang paling terdampak karena jumlah rumah di sini paling banyak diterjang angin dibanding dua desa lainnya,” ujar Panca yang juga didampingi Kalaksa BPBD Ardha Munir dan Kepala Dinsos Bahrus Syarif.

Kedatangan Panca selain menyemangati para korban angin puting beliung, juga memberikan bantuan sosial dan uang tunai.

Untuk rumah yang mengalami kerusakan berat hingga ambruk, Panca berjanji akan mengupayakan bantuan.

“Saya akan berkirim surat ke Pemprov Sumsel untu turut membantu saudara kita di Pemulutan Selatan agar mendapatkan bantuan hunian yang memadai setelah adanya musibah ini,” ucap Panca.

Untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan, Pemkab Ogan Ilir melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) akan segera mengatasinya.

Selain itu, Panca meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk menyediakan perlengkapan sekolah anak yang menjadi korban puting beliung.

“Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban Ibu dan Bapak saudara sekalian. Yakinlah Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hamba-Nya,” kata Bupati Panca.

“Dan secepatnya juga akan dibangun dapur umum untuk kebutuhan konsumsi warga,” kata Panca.

Angin puting beliung menerpa wilayah Pemulutan Selatan pada Sabtu (23/10/2021) petang sekira pukul 17.45.

Tak ada korban jiwa dalam musibah bencana alam ini, namun ada beberapa warga mengalami luka ringan.

Untuk sementara, para korban angin puting beliung masih mengungsi di rumah keluarga dan tetangga sekitarnya.

Maimunah, seorang warga korban angin puting beliung mengungkapkan, rumahnya ambruk dan hancur seketika diterjang angin kencang.

“Rumah sudah ambruk dan tidak ada harapan untuk bisa diperbaiki,” kata warga Dusun IV Desa Sungai Lebung ini.

Wanita 45 tahun ini terpaksa menumpang di rumah tetangga sambil menunggu bantuan dari pemerintah.

Kedatangan Panca ke Sungai Lebung diakui Maimunah dapat membantu mengobati kesedihan ia dan warga lainnya.

“Alhamdulillah ada Pak Bupati datang. Mudah-mudahan secepatnya apa yang disampaikan beliau untuk membangun kembali tempat tinggal kami,” kata Maimunah.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button