Ogan Ilir

Pabrik Pakan Ikan Siap Dibangun di BBI Ogan Ilir, Target Produksi 500 Kg per Jam

Inderalaya

Pemkab Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan siap membangun pabrik pakan ikan di area Balai Benih Ikan (BBI) wilayah Desa Tanjung Pering, Kecamatan Indralaya Utara.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir, Bustanul Arifin mengatakan, pembangunan pabrik pakan ikan didasari kebutuhan para pembubidaya ikan.

Di mana saat ini harga pakan cukup mahal sehingga berdampak pada produksi ikan air tawar di Ogan Ilir.

"Sehingga Pemkab Ogan Ilir melalui Bapak Bupati berpikir bagaimana membuat terobosan membuat pabrik pakan ikan yang menghasilkan produk dengan harga lebih ekonomis namun tetap berkualitas," kata Bustanul, Senin (30/10/2023).

Pemkab Ogan Ilir disebut Bustanul telah melakukan studi tiru ke beberapa BBI yang ada di Pulau Jawa.

Saat ini pembangunan pabrik berikut instalasi pengolahan pakan ikan sedang dikerjakan untuk siap diresmikan pada Desember mendatang.

Dengan menggunakan dana APBD sebesar Rp 3,5 miliar, pabrik pakan ikan di Ogan Ilir akan jadi yang pertama di Sumatera Selatan yang dibangun menggunakan APBD.

"Pabrik pakan ikan di Ogan Ilir adalah yang pertama di Sumatera Selatan dalam hal pembangunan menggunakan APBD murni. Sebenarnya ada juga OKU Timur, tapi itu bantuan pusat," terang Bustanul.

Pabrik pakan ikan di BBI Ogan Ilir ditargetkan dapat memproduksi 500 hingga 750 kilogram pakan per jam.

Secara hitung-hitungan, produksi pakan ikan tersebut memang belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan di Ogan Ilir.

Namun produksi pakan ikan akan dilakukan secara bertahap seiring perluasan pembangunan pabrikĀ 

Nantinya bahan dasar pakan ikan diambil dari wilayah Ogan Ilir, seperti tankos sawit, serat nanas dan kayu indigofera sebagai pengganti tepung kedelai.

"Contohnya tepung dari kayu indigofera sudah diuji di laboratorium bahwa kandungan proteinnya lebih tinggi daripada kedelai," jelas Bustanul.

"Kemudian tepung ikan digunakan sebagai pengganti tepung maggot,"katanya

Sementara Bupati Panca Wijaya Akbar mengatakan, jika pabrik pakan ikan rampung dan beroperasi secara teratur, Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir mengajak aparat pemerintahan desa untuk memaksimalkan BUMDes dalam budidaya ikan.

"Tinggal nanti bagaimana mengembangkan, membuat inovasi baru yang dapat dirasakan masyarakat selain pembudidaya ikan," kata Bupati Panca.

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button