Pendidikan

UBD Hadir Dalam Program UMKM Merdeka Batch 1 Sumatera Selatan

Palembang

Kredibilitas Universitas Bina Darma (UBD) sudah diakui dunia kerja. Terbukti, UBD hadir dalam program UMKM Merdeka Batch 1 Sumatera Selatan (9Sumsel) diselenggarakan pada Sabtu, 1 April 2023. Apindo UMKM Merdeka merupakan kolaborasi dunia usaha dan dunia pendidikan terutama perguruan tinggi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. Rektor Universitas Bina Darma, Kepala LLDikti Wilayah II, Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc., Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumsel Sumarjono Saragih, serta tamu undangan dan peserta.

Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.00 Wib di Universitas MDP, dibuka oleh Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc., untuk memberikan kata sambutan kepada para tamu dan peserta kegiatan. ā€œSaya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin perguruan tinggi atas komitmen menjalankan program ini,ā€ ujar Kepala LLDikti Wilayah II.

Lebih lanjut, ia menyebutkan harapannya terkait kolaborasi akademisi dengan pengusaha, mahasiswa dapat menjadi kunci keberhasilan negara melalui program UMKM merdeka tersebut. Mahasiswa yang memiliki kemampuan secara teori membutuhkan ruang untuk mengaplikasikan dalam dunia kerja. ā€œJika mahasiswa magangnya di perusahaan besar, tidak akan maksimal karena sudah memiliki sistem yang baku,ā€ ungkapnya.

Sementara Ketua APINDO Sumsel, Sumarjono dalam kata sambutan terkait program ini, mengatakan dunia sedang mengalami perubahan. ā€œDunia sedang berubah, dunia bergeser berubah untuk memerhatikan manusia, saya ingin menyemangati kita semua, UMKM saat ini punya standar global untuk dunia,ā€ ujarnya.

Saat ini, ujart Sumarjono lagi, perkembangan UMKM memerlukan sentuhan sistem pengelolaan keuangan, pemasaran, permodalan, produksi, pengemasan, dan lainnya. Perguruan tinggi yang secara nasional memiliki program kampus merdeka merdeka belajar juga membutuhkan ruang dalam pelaksanaanya

Pada kegiatan tersebut, para peserta dibagi menjadi beberapa tim yang dibentuk secara acak dari ketiga perguruan tinggi, dan diberikan mentor masing-masing dalam grup yang berbeda-beda.

Melalui kegiatan match up program UMKM Merdeka Batch 1 Sumatera Selatan tersebut, diharapkan akan melahirkan genarasi UMKM Merdeka yang maju dan tangguh. Di lingkungan UMKM mahasiswa dituntut untuk membantu UMKM membenahi berbagai kekurangan dengan bekal teori mahasiswa dari kampus. Sehingga mahasiswa benar-benar bisa mengaplikasikan ilmunya

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button