Ogan Ilir

Rapat Paripurna ke VI DPRD Ogan Ilir Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Fraksi

 

Indralaya, JS

Rapat Paripurna VI DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun Sidang 2022 Pada Pembicaraan tingkat Kesatu (Lanjutan) dalam rangka Jawaban Bupati Ogan Ilir atas Pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap laporan keterangan pertanggung jawaban Bupati Ogan Ilir Tahun Anggaran 2022, Senin (28/3).

Dalam Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Soeharto Hs, berlangsung di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ogan Ilir. Hadir Wakil Bupati Ardani.

Dalam penyampaian Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani mengucapkan terima kasih atas pandangan umum anggota dewan yang terhormat saudara Muhammad Ali mewakili fraksi partai golongan karya terhadap beberapa apresiasi, saran, masukan, pertanyaan sebagai berikut :

1. Atas apresiasinya terhadap capaian kinerja pemerintah daerah selama tahun anggaran 2021 kami ucapkan terima kasih , selanjutnya mari bersama-sama kita saling bahu membahu membangun kabupaten ogan ilir baik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun dalam memberikan prestasi dan pencapaian kinerja pelaksanaan pemerintahan di kabupaten ogan ilir.

2. Terhadap pertanyaan dan pandangan yang di sampaikan oleh fraksi partai golkar terkait dengan pembangunan insfrastruktur. untuk itu, kedepan kami akan meningkatkan peran serta pemerintah desa dalam mengatasi berbagai permasalahan di desa, sehingga tidak ada lagi desa yang terbelakang dan kurang berkembang karena tidak adanya akses infrastruktur;

3. Atas saran dan masukan fraksu partai golkar terkait realisasi target capaian pendapatan asli daerah ( PAD ). terkait hal tersebut kami akan terus berupaya mengoptimalkan seluruh pemungut pajak dan retribusi daerah dan perangkat daerah lainnya untuk bekerja lebih keras dengan membuat langkah – langkah inovatif dan kreatif dalam menggali potensi – potensi pendapatan asli daerah yang baru sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

4. Terima kasih juga atas masukan dan pandangan yang disampaikan oleh fraksi partai golkar terhadap efektivitas anggaran pembangunan daerah.

Sedangkan pandangan umum fraksi partai PDI-PERJUANGAN dengan juru bicara saudara Andika Ismail Wakil Bupati Ardani juga mengucapkan terima kasih atas pandangan umum fraksi PDI-PERJUANGAN yang memberikan tanggapan, pandangan maupun pertanyaan mengenai beberapa hal, sebagai berikut;

1. Atas pertanyaan yang diberikan fraksi pdi perjuangan, terhadap realisasi pendapatan asli daerah kabupaten ogan ilir dan target lain lain pendapatan daerah yang sah, dapat kami jelaskan bahwa memang benar capaian realisasi pendapatan asli daerah pada tahun 2021 tidak seluruhnya tercapai hingga 100% dari target yang direncanakan.

2. Atas pandangan yang di berikan terkait pengawasan dan penertiban yang belum maksimal, dapat kami sampaikan pada tahun 2022 kegiatan pengawasan dan penertiban sudah menjadi prioritas kami dengan cara membangun sebuah sistem pungutan pajak maupun retribusi berbasis teknologi serta membentuk tim pengawasan.

3. Terima kasih atas pertanyaan yang di berikan oleh fraksi partai PDI-PERJUANGAN , terkait hubungan pertumbuhan ekonomi yang seharusnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan jumlah kemiskinan, dapat kami informasikan bahwa tren pertumbuhan ekonomi dikabupaten ogan ilir pada tahun 2021 sangat positif dimana pertumbuhan ekonomi mencapai angka 3,77 dari 0,14 pada tahun 2020.

4. Terhadap permintaan penyampaian secara rinci daftar kemiskinan sebesar 13,82% di kabupaten ogan ilir dapat kami jelaskan bahwa angka tersebut merupakan data hasil survei yang dilakukan secara sampling oleh badan pusat statistik kabupaten ogan ilir dengan memperhatikan sifat sifat dan penyebaran populasi

Wakil Bupati juga berterima kasih atas pandangan umum fraksi partai nasional demokrat yang memberikan informasi, saran, masukan dan himbauan. Mengenai beberapa hal sebagai berikut :

1. Terima kasih kami ucapkan kepada fraksi nasdem atas saran dan masukannya, agar pemerintah daerah kabupaten ogan ilir terus memaksimalkan kerja dan kinerja asn dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat:

2. Terkait informasi adanya poskesdes yang memungut bayaran tinggi atas pelayanan kesehatan di masyarakat , akan segera kami tindak lanjuti namun dapat kami jelaskan bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sudah masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial ( DTKS ) dan penerima bantuan iuran (PBI) bpjs pelayanan kesehatan tidak dipungut biaya, namun jika ada masyarakat yang mengeluarkan dana untuk berobat akan kami data. demi terwujudnya program universal health coverage (UHC) pemerintah kabupaten ogan ilir melalui dinas kesehatan akan melaksanakan sosialisasi tatacara kepesertaan bpjs dan juga akan melakukan monitoring dan evaluasi untuk pembinaan pelayanan kesehatan melalui jaring dan jejaring.

3. Terima kasih kepada fraksi nasdem atas saran dan masukan kepada kami agar memberikan arahan dan pengertian kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi covid-19.

4. Terima kasih untuk saran dan usulan dari fraksi nasdem. dalam hal pencegahan penangkapan ikan secara illegal atau illegal fishing, pemerintah daerah akan memaksimalkan kegiatan pencegahan berupa :
– penambahan sumber daya manusia (personil) dalam melakukan pengawasan.
-sarana dan prasarana bagi pokmaswas ( kelompok masyarakat pengawas) perikanan berupa speedboat pengawasan.
-bantuan alat tangkap perikanan yang ramah lingkungan bagi nelayan.
-Operasional pengawasan (razia atau patroli) yang akan dilakukan tim gabungan antara dinas perikanan dan perternakan.

5. Terima kasih atas saran dan masukan fraksi nasdem, dapat kami jelaskan bahwa luas irigasi rawa tersebut telah sesuai dengan peraturan menteri pekerjaan umum dan penataan ruang nomor 14/prt/m/2015 tentang kriteria dan penetapan status daerah irigasi dengan luasan daerah irigasi rawa dikabupaten ogan ilir sebesar 14.704 hektar, sebagai informasi jumlah sawah ( daerah irigasi rawa) dikabupaten ogan ilir sekarang ini seluas 24.723 hektar dalam proses penetapan surat keputusan bupati untuk kemudian disampaikan kepada kementerian pekerjaan umum.

6. Terima kasih atas saran dan masukan fraksi nasdem terkait permasalahan tidak tepat sasaranya bantuan sosial. dapat kami jelaskan bahwa pemerintah kabupaten ogan ilir telah melakukan beberapa hal guna meminimalisie permasalahan tersebut, diantaranya:
– membentuk tim koordinasi bantuan sosial, baik ditingkat kabupaten maupun kecamatan.
-melakukan pendampingan pkh dan tenanga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK)
– melakukan evaluasi dan sosialisasi, verifikasi, dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) terhadap kelayakan penerimaan bantuan sosial dan jaminan sosial:
– melakukan musyawarah desa/kelurahan yang difasilitasi oleh kepala desa/lurah.

Sebagau informasi bahwa saata ini dinas sosial bersama koordinator kabupaten pkh,pendamping pkh dan tksk sedang melakukan pemutakhiran data penerima bantuan.

Ke empat Pandangan umum fraksi partai persatuan pembangunan (PPP) dengan juru bicara saudara zahruddin, atas beberapa apresiasi, harapan, saran, dan masukan, dan dapat kami sampaikan hal hal sebagai berikut :

1. Terima kasih atas masukan dari fraksi partai persatuan pembangunan (PPP) terhadap pendapatan asli daerah kabupaten ogan ilir.

2. Terima kasih atas apresiasi dan harapannya, komitmen yang sama juga ingin kami capai untuk mengikuti lebih banyak lagi kompetisi sehingga akan lebih baik lagi.

3. Terima kasih atas saran dan masukan dari fraksi partai persatuan pembangunan (PPP) untuk lebih intensif dalam melakukan operasi pasar, mengingat adanya kelangkaan minyak goreng dan kebutuhan pokok dimana harganya cukup tinggi menjelang bulan puasa dan hari raya.

Kelima Pandangan umum fraksi partai amanat nasional ( PAN) dengan juru bicara saudara Rozuli, telah menyampaikan pandangan, himbauan dan rekomendasi, untuk itu dapat kami jelaskan sebagai berikut;

1. Terima kasih saya ucapkan atas pandangan umum fraksi pan atas apresiasi positif terhadap penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan di kabupaten ogan ilir selama tahun anggarannya 2021 baik dari sisi pengelolahan pendapatan.

2. Terima kasih atas rekomendasi fraksi pan agar pemerintah kabupaten ogan ilir dapat mengontrol harga dan stok sembako menjelang bulan puasa dan lebaran.

Ke enam Pandangan umum fraksi bergerak dengan juru bicara saudara H. Husnul anam atas apresiasi, saran, tanggapan dan harapannya diucapkan terima kasih. dapat kami jelaskan sebagai berikut;

1. Terima kasih atas apresiasi dari fraksi bergerak terhadap prestasi dan penghargaan yang diterima pemerintah kabupaten ogan ilir pada tahun 2021.

2. Terima kasih atas tanggapan dari fraksi bergerak, terkait dengan kesejahteraan tenaga pengajar baik pns ataupun tenaga honor yang mengabdikan diri dikabupaten ogan ilir.

3. Terima kasih atas tanggapan dari fraksi, bergerak, terkait dengan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) pemerintah kabupaten ogan ilir terus berupaya secara maksimal melalui perangkat daerah.

4. Terima kasih atas apresiasi dari fraksi bergerak kepada pemerintah kabupaten ogan ilir terkait dengan capaian infrastruktur jalan kabupaten yang sebesar, 76,01% .

5. Atas harapan dari fraksi bergerak, agar pemerintah kabupaten ogan ilir mampu mendatangkan banyak investor guna membuka lapangan pekerjaan baru, kami sangat sependapat sekali.

6. Terima kasih atas harapan dari fraksi bergerak agar pemerintah kabupaten ogan ilir terkait dengan capaian seleksi tilawatil qur’an dan hadist (STQH) tingkat provinsi sumatera selatan ke XXVI.

7. terima kasih atas saran dan tanggapan dari fraksi bergerak, terkait permohonan masyarakat desa kayu ara untuk ikut plasma pt. bsp dan belum ada tindak lanjutnya serta permintaan masyarakat tanjung miring untuk dapat memiliki jaringan air bersih, dapat kami jelaskan bahwa untuk program plasma di desa kayuara sekarang ini dalam proses pengukuran dan identifikasi kepemilikan lahan rencana plasma

8. Terima kasih atas tanggapan dari fraksi bergerak, terkait perbaikan hubungan ketenangakerjaan antara pt. bumi rambang kramajaya (BRK) di tambang rambang dengan karyawannya, dapat kami jelaskan bahwa menurut peraturan menteri ketenagakerjaan nomor 33 tahun 2016 tentang tata cara pengawasan ketenagakerjaan menjelaskan bahwa pt.

9. Terima kasih atas tanggapan dari fraksi bergerak, terkait adanya gangguan jaringan listrik, pt. Pln persero menyampaikan bahwa penyebab yang paling dominan adanya gangguan jaringan listrik yang terjadi disebabkan oleh tanam tumbuh.

Selain itu juga, pandangan umum fraksi persatuan bangsa dengan juru bicara saudara haryata, terdapat beberapa apresiasi , saran, masukan, harapan dan himbauan yang dapat kami jelaskan sebagai berikut;

1. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh fraksi persatuan pembangunan terhadap prestasi dan penghargaan yang telah di dapat pemerintah daerah pada tahun 2021.

2. Terima kasih atas saran dari fraksi persatuan pembangunan, agar pemerintah daerah kabupaten ogan ilir dapat menggunakan anggaran belanja untuk kesejahteraan masyarakat.

3. Terima kasih atas saran dari fraksi persatuan pembangunan, terkait dana perimbangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami sangat sepakat.

4. Selanjutnya atas saran agar pemerintah kabupaten ogan ilir lebih berkonsentrasi dalam upaya peningkatan dan menggali sumber sumber pendapatan asli daerah.

5. Terima kasih pada fraksi persatuan pembangunan atas himbauan untuk lebih serius memperhatikan penambang ilegal, mengenai hal itu kami akan terus meningkatkan aktivitas patroli dan pencegahan / deteksi dini terhadap

6. Terima kasih atas saran dan masukannya, terkait dengan 3 karyawan pdam yang belum mendapatkan kejelasan pasangon dapat kami jelaskan bahwa memang benar ada 3(tiga) karyawan pdam tirta ogan.

7. Terima kasih atas himbauan dari fraksi persatuan bangsa, untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok, pemerintah kabupaten ogan ilir melalui dinas penindustrian.

8.Terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh fraksi persatuan pembangunan atas laporan keterangan pertangung jawaban akhir tahun anggaran 2021.

Sementara Ketua DPRD Ogan Ilir Suharto Hs mengatakan, terimakasih atas jawaban dari Bupati Ogan Ilir terhadap pandangan umum fraksi-fraksi.

“Terimakasih kepada Bupati Ogan Ilir yang sudah memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi dan perhatiannya,”ucapnya.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button