Pemerintah

Amerika Serikat Melalui Program MCC Jajaki Kerjasama Pengembangan LRT di Sumsel

PALEMBANG – Pemerintah Amerika Serikat (AS)  melalui program Millennium Challenge Compact (MCC) akan menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dalam mengembangkan Light Rail Transit (LRT)  yang ada di Sumsel. 

Hal tersebut terungkap  saat Gubernur  Sumsel H Herman Deru menerima  audiensi Tim Due Diligence Program Compact  2 oleh Millennium Challenge Corporation (MCC), di ruang tamu Gubernur, Senin (28/3). 

Gubernur Herman Deru mengatakan, adanya keinginan AS tersebut  merupakan kabar baik mengingat sejauh ini Pemprov Sumsel telah melakukan berbagai upaya untuk  penyelamatan aset dan mentrigger LRT agar menjadi moda transportasi yang diminati masyarakat. 

“Butuh upaya untuk merubah selera orang dari kebiasaan bertransportasi dengan alat tertentu ke alat tertentu tentu harus ada kelebihan-kelebihan dan menarik minat masyarakat,” tuturnya. 

Herman Deru mengungkapkan, penambahan fasilitas  yang memanjakan bagi pengguna LRT karena  memiliki kelebihan dibanding moda transfortasi  lainnya tentu akan menarik minat masyarakat. 

 

“Usulan yang telah diberikan ke MCC sudah diberikan berdasarkan kebutuhan, yang terdiri dari usulan super prioritas dan prioritas,” katanya 

Herman Deru  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengakselarasi rencana tersebut  agar dapat berjalan tepat waktu. 

“Jadi ada koordinasi dan diskusi bersama, berharap juga agar adanya pengembangan pada infrastruktur Jembatan Lematang agar mengurangi kecelakaan yang disebabkan curamnya kontur jalan, Saya juga berharap MCC turut andil mendukung realisasi pembangunan Pelabuhan Tanjut Carat di Sumsel,” pungkasnya. 

Sementara Direktur Transportasi Bappenas, Ikhwan Hakim, katakan MCC hadir untuk mengembangkan infrastruktur untuk mendorong inovasi. 

“Tujuan kunjungan ini yaitu untuk berdiskusi seperti apa arah pengembangan LRT bagaimana membantu penyiapan proyeknya dan mendorong inovasi pembiayaannya,” katanya. 

Untuk diketahui MCC adalah lembaga bantuan luar negeri Pemerintah AS yang menyalurkan hibah dari hasil pembayaran pajak masyarakat AS untuk memberi manfaat bagi negara-negara berkembang. 

Dilain pihak, Direktur Perwakilan MCC Indonesia, Martha L Bowen, mengatakan pihaknya ingin bersama dengan Gubernur Herman Deru dapat  menemukan solusi yang tepat untuk pembangunan LRT di Sumsel dan juga sistem transportasi yang akan dikembangkan kedepannya bekerjasama dengan tim teknis dari MCC dan juga Pemprov Sumsel. 

“Kami berharap kita akan mematangkan finalisasi usulan proyek apa saja, terget kami yaitu kami ingin menyelesaikannya sebelum akhir tahun 2022,” pungkasnya. 

Turut hadir Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M. Kes, Kepala Bappeda Sumsel, Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc., Kadishub, Ari Narsa JS, Dirut RSUD Siti Fatimah, dr. Syamsuddin Isaac Suryamanggala, Sp.OG.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button