Ogan Ilir

Orangtua Dari 19 Anak Bibir Sumbing dan Celah Langit Yang Dioperasi Gratis Berterimakasih Kepada Bupati Panca Mawardi

 

Inderalaya,JS

Sedikitnya 19 anak yang menderita bibir sumbing dan celah langit, mengikuti operasi gratis dan celah langit yang diselenggarakan Pemkab Ogan Ilir bekerjasama dengan Yayasan Ummi Romlah, Rabu (30/3). Kegiatan yang dipusatkan di RSUD Ogan Ilir tersebut dihadiri Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar. Bahkan orangtua dari anak yang dioperasi sangat terharu dan berterimakasih kepada Bupati Panca Mawardi karena telah dibantu operasi gratis.

Bupati Panca mengatakan, Pemkab Ogan Ilir sangat terbantu dengan kegiatan operasi gratis bagi anak-anak yang menderita bibir sumbing ini. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi bibir sumbing ini tidaklah sedikit.

“Kalau untuk sumbing ringan bisa mencapai Rp 20 jutaan, bayangkan saja kalau ada anak yang menderita sumbing agak berat bisa mencapai Rp 80 jutaan,” kata Bupati Panca didampingi Dirut RSUD Ogan Ilir Hj Siska Susanti saat ditemui di RSUD Ogan Ilir.

Untuk itu, ke depan Pemkab Ogan Ilir berencana akan menganggarkan dana khusus kegiatan operasi bibir sumbing setiap tahunnya. Paling tidak, 10 anak setiap tahunnya bisa dicover melalui APBD untuk dilakukan operasi gratis.

“Kepada Dinas Kesehatan saya minta nanti setelah ini data berapa jumlah anak penderita bibir sumbing. Nanti kita akan lakukan lagi kegiatan operasi gratis, melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ogan Ilir,” lanjut Panca.

Sementara itu, Dokter Ahli Bedah Plastik Rekonstruksi Stetik Kranio Maksino Vaksial, Iqmal Perlianta SPbp-RE-K Spasial yang mengoperasi anak-anak tersebut mengatakan, penyebab dari bibir sumbing adalah terkait asupan gizi yang dikonsumsi para ibu hamil.

“Untuk itu harus diperhatikan oleh para ibu hamil jangan sembarangan mengkonsumsi obat,” kata Iqmal.

Menurutnya, bhakti sosial operasi bibir sumbing gratis ini sudah berlangsung sejak tahun 2012. Hingga saat ini Yayasan Ummi Romlah sudah berhasil mengoperasi sedikitnya 2.930 anak.

Dirut RSUD Ogan Ilir Hj Siska Susanti mengatakan program baksos ini sangat berarti bagi masyarakat apalagi penderita bibir sumbing dan celah langit . Karena untuk operasi tersebut membutuhkan biaya Rp20juta-Rp80juta per pasien, “tentunya hal ini sangat berarti bagi pasien dan keluarganya apalagi operasi ini gratis. Kedepan sesuai arahan Bupati Panca Mawardi kita terus akan melakukan baksos serupa,”ujarnya

Orangtua salah satu anak yang dioperasi Salamah mengatakan sangat berterimakasih karena sudah mendapatkan operasi bibir sumbing gratis dari bupati. “Kami sangat berterimakasih dan terbantu dengan Pak Bupati Panca, kami tidak mampu kalau biaya sendiri. Alhamdulillah ini gratis,”ucapnya terharu. #prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button