Ogan Ilir

Bupati Panca Mawardi Ingatkan Agar Petani Berinovasi Guna Menghasilkan Produk Pertanian Unggulan

 

Inderalaya

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi mengingatkan agar para petani terus berinovasi guna menghasilkan produk pertanian unggulan.

Panca juga menyampaikan pentingnya koordinasi antarpetani agar ada diversifikasi atau keanekaragaman produk pertanian guna menentukan stabilitas harga di pasaran.

“Jangan kalau orang nanam cabe, seluruh Ogan Ilir tanam cabe semua. Produk pertanian lain malah terlupakan,” kata Bupati Panca Mawardi di Indralaya, Selasa (14/6/2022).

Salah satu produk pertanian yang punya peluang besar menjadikan Ogan Ilir produsen terkemuka yakni bawang merah.

Tanaman sayuran ini ditanam di sejumlah wilayah di Ogan Ilir, seperti di Tanjung Putus, Indralaya.

Panca pun berkesempatan menanam umbi bawang merah di wilayah Tanjung Putus.

“Seperti di Tanjung Putus ini ada lahan hibah Pemkab seluas 1 hektar. Di Tanjung Pering (Indralaya Utara) juga ada 1 hektar, bisa dimanfaatkan untuk tanam bawang merah,” ujar Panca.

Pada kesempatan ini, Panca menanam umbi bawang varietas Bima Brebes.

Rencananya, panen dapat dilakukan 70 hari setelah umbi ditanam atau pada akhir Agustus mendatang.

“Harapannya, produksi bawang merah selain memenuhi kebutuhan di Ogan Ilir, juga bisa dikirim ke luar daerah,” kata Panca.

Dilanjutkannya, selain produksi yang unggul secara kualitas dan kuantitas, wilayah Ogan Ilir dilalui tiga jalur tol memudahkan untuk distribusi hasil pertanian.

Sehingga menurut Panca, tak ada hambatan berarti bagi Ogan Ilir untuk menjadi produsen bawang merah terkemuka, khususnya di Sumatera Selatan.

“Seperti di Palembang, kita harus bisa ambil tempat sebagai produsen. Palembang dekat dengan Ogan Ilir dan kita punya hasil pertanian yang baik,” kata Panca usai menanam bawang merah bersama OPD dan perusahaan perkebunan lainnya di kawasan Tanjung Putus Inderalaya.#prima

0 0 votes
Article Rating

Related Articles

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button